Renungan Harian, Selasa 26 Mei 202

Yeremia 29:11. Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Sebuah Janji Allah bagi setiap anak-anak Tuhan. Tetapi ada yang perlu dipertanyakan apakah kita tahu apa itu rancangan Allah buat kehidupan kita???

Yesaya 55:8-9Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.”

Manusia memiliki kehendak dan akal budi untuk merancangkan kehidupannya, Apakah itu salah? tentu tidak … Tetapi sebagai anak-anak Tuhan kita wajib tahu bahwa yang terbaik dalam kehidupan kita adalah hidup didalam rancangan AllahAllah yang menciptakan kita dan Dia tahu apa yang terbaik buat kehidupan kita.

Surat dari nabi Yeremia kepada orang-orang Israel yang mengalami pembuangan dari Yerusalem ke babel selama 70 tahun. mungkin pada waktu itu ayat ini sulit untuk dicerna karena keadaan yang ada – apakah benar mempercayai rancangan damai sejahtera Allah pada waktu itu

Bagaimana Kita bisa tahu kehendak Allah ???
Jawabannya adalah pada ayat 12-14a.

Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN

Kuncinya adalah persekutuan kita kepada Tuhan.

Ketika kita berdoa – Doa menyelaraskan hati kita dengan hatiNya Tuhan, doa menyelaraskan pikiran kita dengan pikiran Tuhan, Doa menyelaraskan rancangan kita dengan rancangan Tuhan.

Seperti Apa yang Yesus ajarkan tentang hal berdoa : dalam doa “Bapa Kami datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Milikilah Sikap hati yang menyerahkan kehendak kita dan meminta kehendak dan rancangan Allah yang jadi atas kehidupan kita.

Pikiran yang diserahkan kepada Allah akan berpikir seperti apa yang Allah pikirkan. Sukses dalam kehidupan Kristen adalah akibat dari penyerahan diri total kepada Kristus dan Ego yang disalibkan.

Contoh Alkitab mengenai Henokh

Kejadian 5:22 henokh hidup bergaul dengan Allah…

Bergaul – walk – (ibrani : yithallek , yang merupakan refleksi yang artinya “Berjalan”, yang berarti “menjadikan kehendaknya dibawah pengawasan orang lain dan mengikuti orang tersebut”. Artinya Henokh hidup berjalan dengan Allah, berarti sehati dengan Allah, bahkan mengambil setiap langkah seutuhnya sesuai dengan kehendak-Nya tanpa memikirkan hal-hal yang lain.

Untuk terus berjalan dalam rancangan Allah, bukanlah sebuat titik yang dicapai tetapi sebuah garis yang harus dijalani setiap hari.

Teruslah mengawali setiap hari dengan Langkah awal yang penting yaitu dengan doa dan merenungkan Firman Tuhan … karena disanalah awal untuk terus berjalan dalam rencana Allah.

YNP