Renungan harian Anak, Selasa 16 Juni 2020

Yohanes 7:37-44

Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum (Yohanes 7:37b)

Syalom adek-adek sekolah minggu… Kakak berharap semua dalam keadaan sehat. Jangan pernah bosan untuk membaca dan merenungkan firman tuhan setiap hari, karena kita harus memberi makan buat rohani kita supaya tetap bertumbuh dengan sehat.

Emmm Ketika adik-adik sedang “Stay at home” atau dirumah saja … kakak perhatiakan semua di rumah mengerjakan tugas-tugasnya, tugas untuk membantu orang tua, tugas dikerjakan bapak ibu guru juga diselesaikan pasti kalian sudah berusaha dengan maksimal semoga  memperoleh hasil yang memuaskan dengan nilai nilai raport yang kalian terima minggu-minggu ini.

Hari ini kakak mau cerita perhatikan semuanya ya …

“Ada seorang anak yang bernama Loli, dia anak yang manis, dengar-dengaran sama perintah dan nasehat orang tua, setiap hari dia melakukan rutinitas berjemur setiap pagi. Karena dengan kita berjemur akan meningkatkan imunitas tubuh kita. Suatu kali setelah dia berjemur ia ingin sekali minum es yang duingin atau ice cream …. pasti enak ya, kan habis kepanasan. Loli bertanya kepada ibunya ”Ibu, aku boleh gak minum es? panas nih habis berjemur khan kemarin masih ada sisanya di lemari es” sambil merengek . Ibu menjawab “haaaaaa minum es jangan nanti  kamu sakit nak, minum air putih aja pasti rasa haus kamu seketika akan hilang”. “oke ma” jawab loli. seketika itu dia ambil 2 gelas dan langsung minum air putih glek… glek… glek emm segar kata Loli dengan bergembira dan rasa puas.

Adek-adek ada penelitian nih … ternyata manusia bisa tetap hidup meski tidak makan selama beberapa minggu, tetapi jika kita tidak minum selama 3-5 hari manusia bisa kehilangan kekuatan dan bahkan bisa meninggal karena dehidrasi (kekurangan zat cair). Setiap hari tubuh kita kehilangan banyak cairan oleh sebab itu air yang kita konsumsi sangat bermanfaat untuk bagian tubuh kita supaya organ tubuh kita  berfungsi dengan baik.

Begitu juga dengan kehidupan kerohanian kita loh …. Perhatikan apa yang Tuhan Yesus ajarkan.

Yohanes 4:13-14 Jawab Yesus kepadanya:”Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barang siapa minum yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal

Seperti tubuh jasmani kita perlu air, kerohanian kita memerlukan air kehidupan dan seperti Firman Tuhan diatas, bahwa hanya Tuhan yang bisa memberikannya kepada kita semuanya. Orang-orang yang jauh dari Tuhan kehidupannya akan sepeti kering, gampang lelah dan gak semangat, loyo . Tuhan kita seperti sumber air kehidupan. Orang yang minum air kehidupan pasti hidup mereka juga tenang dan bahagia.

Caranya sederhana … ayo datang kepada Tuhan Yesus melalui doa, merenungkan Firman Tuhan yang bisa menguatkan dan mengajari kehidupan kita seperti di renungan beberapa hari yang lalu.

Percayalah kalau adik-adik minta dengan sungguh-sungguh Tuhan berjanji akan memuaskan hidup kita, hati adik-adik akan melimpah dengan sukacita dan damai sejahtera.

Ayo kita baca ayat kita hari ini

Yohanes 7:38  Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

Komitmenku hari ini:

Tuhan Yesus, Engkaulah sumber air kehidupan. Aku percaya kepada-Mu dan mau meminum air kehidupan supaya aku menikmati kesegaran dan damai sejahtera dalam hatiku.

TPR – SP