Renungan Harian Anak, Senin 07 September 2020

Bacaan : Keluaran 16:1-18

Syalom selamat pagi adik-adik semua, semangat hari SENIN ya … adik-adik harus bersemangat dan bersukacita semuanya karena harus Kembali bersekolah walaupun masih online yaa …

Siapa yang sudah sarapan pagi ini? Siapa yang sebelum makan pasti berdoa terlebih dahulu? Wah doa sebelum makan itu bukan Cuma kebiasaan ya adik-adik tetapi waktu untuk kita bersyukur kepada Tuhan karena sudah memberikan makanan buat kita semua. Kita bisa makan semua karena berkat Tuhan melalui orang tua kita.

Dalam ALkitab ada sebuah kisah mengenai orang-orang yang kelaparan

Dalam Keluaran 16:1-8, diceritakan  Mereka semua kelaparan, berteriak-teriak, “Lapaaarrr!!!” Waktu itu bangsa Israel sedang berada di padang gurun. Padang gurun itu adalah suatu tempat yang banyak sekali pasirnya, sehingga terasa sangat panas. Mereka berada di padang gurun itu karena Tuhan yang menyuruh, sebelumnya mereka tinggal di Mesir. Saat itu mereka kehabisan makanan, mereka sangat kelaparan, sehingga mereka marah- marah, ngomel-ngomel. Bangsa Israel mengeluh kepada Musa sambil mengatakan bahwa mereka menyesal karena telah pergi dari Tanah Mesir dan berada di padang gurun itu. Mereka menuntut supaya Musa memberikan mereka makanan supaya mereka menjadi tidak lapar lagi. Musa lalu berdoa kepada Tuhan agar Tuhan memberikan makanan. Tuhan mengasihi bangsa Israel dan memberitahu Musa bahwa la akan memberikan makanan. Makanan itu akan turun dari langit seperti embun di pagi hari, bentuknya halus dan warnanya putih namanya MANNA.

Pada sore hari Allah menurunkan burung-burung puyuh yang banyak menutupi langit, sehingga bangsa Israel tidak hanya makan roti saja, tetapi juga makan daging. waktu Tuhan memberikan Makanan yang sangat berlimpah.. Tuhan juga memberikan aturan supaya orang yang mengambil tidak serakah. Mereka harus mengambil sesuai dengan kebutuhan dan tidak boleh sesuka hati, harus secukupnya.

Wah Tuhan hebat ya…! Tuhan juga sangat baik. Orang yang meminta kepada-Nya akan ditolong-Nya. Bukan hanya bangsa Israel yang dipelihara oleh Tuhan, Adik-adik juga, setiap hari diberi makan. Nah, kalau bangsa Israel saja mau mengucap syukur kepada Tuhan karena makanan yang telah mereka terima, bagaimana dengan Adik-adik?

Makanan yang telah kita terima tiap hari adalah dari Tuhan juga. Itu artinya kita harus mengucap syukur kepada Tuhan. Kita harus mengucap syukur kepada Tuhan karena telah memelihara kita dengan memberikan makanan kepada kita setiap hari.

Ayo kita mau ingat bahwa Tuhan Yesus tahu setiap kebutuhan Kita, Tuhan hanya minta kita percaya pada-Nya karena Dia yang memelihara kita. Adik-adik harus selalu mengucapsyukur atas kebaikan Tuhan, tidak boleh bersungut-sungut dengan makanan yang sudah disediakan.

Ayat hafalan hari ini

Mazmur 55:23a, Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau!

Komitmenku hari ini :

Aku bersyukur buat setiap makanan yang bisa aku makan setiap hari, terima kasih karena pemeliharaan-Mu yang ajaib bagi aku dan keluargaku

SF 060920 – KCP