Renungan harian Anak, Kamis 19 November 2020

Shalom…selamat pagi adik-adik, bagaimana kabarnya hari ini? kakak berharap adik-adik semua sehat dan tetap semangat mendengarkan firman Tuhan yach…..

Ayat Alkitab: Amsal 21:6-8, Memperoleh harta benda dengan lidah dusta adalah kesia-siaan yang lenyap dari orang yang mencari maut. Orang fasik diseret oleh penganiayaan mereka, karena mereka menolak melakukan keadilan. Berliku-liku jalan si penipu, tetapi orang yang jujur lurus perbuatannya.

Adik ada lagu pujian yang bunyinya bohong,… bohong itu dosa, bohong…, bohong itu dosa. Anak Tuhan tak boleh bohong!” Itulah nyanyian yang suka dinyanyikan anak-anak di Sekolah Minggu. Lagu ini dinyanyikan untuk mengingatkan agar adik-adik semua selalu berkata jujur.

Menurut Amsal yang sudah kita baca tadi bahwa orang jujur perbuatannya “lurus” atau benar dan juga pada bagian lain orang jujur dipimpin oleh ketulusannya (Amsal 11:3)

Jujur adalah tidak bohong atau tidak berkata dusta. Jika kita bersaksi dusta,maka kita sama dengan menipu. Jujur juga berarti melakukan perbuatan yang benar dan tidak curang. Dan adik-adik kita harus ingat Bersama bahwa Tuhan membenci sikap tidak jujur karena merugikan orang lain.

Apakah kamu adik-adik tahu cerita tentang Pinokio? Pinokio adalah tokoh dongeng berbentuk boneka. Dikisahkan bahwa Pinokio bisa hidup seperti manusia. Tapi ada satu pengecualian, setiap kali ia berbohong, maka hidungnya akan bertambah panjang. Makin ia berbohong, makin panjang pula hidungnya, sehingga setiap orang tahu jika Pinokio tengah berbohong. Tapi jika ia menyesali kebohongannya, maka hidungnya pun akan kembali kebentuk semula.

Kalau kamu berbohong, hidungmu tidak akan bertambah panjang. Jadi orang lain tidak tahu kalau kamu sedang berbohong atau tidak. Orang boleh saja tidak tahu tentang kebohongan kamu, tetapi sesungguhnya Tuhan mengetahui segala sesuatu yang kamu lakukan. Jadi, jujur lebih baik bukan?

Adik-adik kejujuran akan menuntun adik-adik untuk melakukan apa yang baik dan benar. Belajar jujur harus dimulai dari hal yang kecil, kalau adik-adik terbiasa tidak jujur dalam hal yang kecil, maka adik-adik akan dengan mudah untuk tidak jujur, karena kebohongan akan ditutupi dengan kebohongan yang lain.

Ayo belajar jujur, katakan apa yang benar ya …. Dan juga bertindak dengan jujur.

Ayat Hafalan:

Amsal 15:3 “Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik. ”

KOMITMENKU HARI INI:

Tuhan Yesus, aku mau berkata-kata dengan jujur, dan mendapatkan apa pun dengan jujur. Tolong aku, ya, Tuhan. Amin.

Yu-RS