Renungan Harian Anak, Sabtu 24 Oktober 2020

Syalom Adik – Adik , bagaimana kabarnya ? Sudah siap mendengarkan firman Tuhan ya.

Adik adik hari ini kita akan belajar tentang hal mengampuni. Yang dapat Adik adik baca di Matius 18 : 21 – 35. Adik adik, dalam bacaan kita hari ini, Tuhan memberikan perumpamaan tentang mengampuni. Pada bagian Firman Tuhan ini, dikisahkan bagaimana pada waktu itu Petrus , salah satu murid Yesus, bertanya kepada Yesus tentang berapa kali kita harus mengampuni orang lain ketika ia berbuat dosa. Dan Yesus memberikan perumpamaan sebagai berikut…

Ada seorang raja yang sedang mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya, dan terdapat salah satu hambanya yang berhutang pada raja dan tidak dapat melunasinya ,yaitu sebanyak 10.000 talenta (setara dengan uang sebesar 1,2 milyar rupiah). Hamba tersebut kemudian bersujud menyembah kepada raja untuk meminta raja agar memberikan waktu dalam melunasi hutangnya. Sehingga hati raja tersebut tergerak oleh belas kasihan dan akhirnya membebaskan hamba tersebut, dan menghapus semua hutangnya. Akan tetapi pada saat hamba tersebut dibebaskan oleh raja, hamba ini bertemu dengan temannya yang mempunyai hutang sebanyak 100 dinar (setara dengan kira-kira 2 juta rupiah).

Hamba tersebut menangkap temannya dan menyuruh temannya tersebut untuk segera melunasi hutang-hutangnya. Ketika temannya memohon kepadanya, untuk memberikan waktu lagi, hamba tersebut menolak dan menyerahkan temannya kedalam penjara.  Melihat temannya dimasukkan kedalam penjara, maka kawan kawan dari temannya tersebut berbicara kepada raja. Dan raja tersebut menjadi marah kepada hambanya itu. Karena hambanya itu tidak memiliki belas kasihan terhadap temannya. Dan akhirnya, hamba tersebut hutangnya kembali semua , tidak jadi dihapus oleh raja.

Adik adik, diatas sudah dijelaskan bahwa 1 talenta setara dengan 1,2 milyar rupiah sedangkan 100 dinar setara dengan 2 juta rupiah, menurut adik adik mana kah yang lebih besar ? Ya betul , jelas yang 10.000 talenta yang jauh lebih besar ya.

Adik adik, dari  perumpamaan diatas,  raja ini adalah gambaran BAPA DI SURGA. 10.000 talenta adalah dosa kita sedangkan 100 dinar adalah kesalahan yang orang lain buat terhadap kita. Dosa yang kita jelas jauh lebih banyak daripada kesalahan yang orang lain buat terhadap kita. Kalau kesalahan atau dosa kita yang sebesar itu saja, BAPA mau mengampuni waktu kita bertobat. Masa kan kita tidak mau mengampuni kesalahan yang jauh lebih kecil dari orang lain kepada kita?

Di Matius 18 : 22 , Yesus menjelaskan bahwa kita harus mengampuni sebanyak 70 x 7 kali , yaitu 490 kali, ini sebenarnya dalam hitungan satu hari lho… maksudnya bukan sebanyak 490 kali tetapi pengampunan itu tidak terbatas. Kita harus selalu mempunyai sikap hati yang mau mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Kenapa?  Penjelasannya ada di ayat ke 33 , begini bunyinya :

Bukankah engkaupun harus mengasihi kawanmu , seperti aku telah mengasihi engkau?

Inilah yang Tuhan harapakan ketika kita menerima pengampunan dari Tuhan, yaitu mau untuk juga mengampuni siapapun yang menyakiti kita.

Seperti juga yang terdapat di MATIUS 6 : 14, yang akan menjadi ayat hafalan kita ya.

MATIUS 6 : 14 ,
KARENA JIKALAU KAMU MENGAMPUNI KESALAHAN ORANG , BAPAMU YANG DISORGA AKAN MENGAMPUNI KAMU JUGA. 

Siapa disini yang mau diampuni oleh Tuhan? Kita semua pasti ingin diampuni ya , segala kesalahan kita , bisa diampuni TUHAN , dengan cara kita juga mengampuni kesalahan orang lain. Mengampuni juga salah satu tiket kita masuk surga lho. Ayo adik adik , kita mau sama sama belajar ya, untuk mulai mengasihi dan mengampuni setiap kesalahan orang lain ya. Seperti BAPA juga mau mengampuni semua kesalahan kita.

Ayo kita berkomiten ya..

Tuhan Yesus , jamah hatiku ya Tuhan , supaya hatiku penuh dengan kasih yang daripada-Mu ya Tuhan , supaya aku bisa mengasihi dan mengampuni setiap orang disekeliling aku. Roh Kudus , mampukan aku untuk melakukan semuanya itu. Amin

KL – NJ

Pengumuman :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday ya … Besok hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“AKU TETAP SABAR MENUNGGU”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan.

Alat dan Bahan

  1. Kertas Putih
  2. Kertas Lipat
  3. Spidol dan Pensil
  4. Gunting
  5. Lem

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.