Renungan Harian Youth, Selasa 02 Juni 2020

Bacaan : 1 Petrus 1:13-16

Syalom rekan-rekan Elohim Youth …  selamat hari minggu buat kita semuanya …

“Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu   seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu   pada waktu penyataan   Yesus Kristus.”  1 Petrus 1:13

Di tahun 2020 ini ada banyak hal yang terjadi, dan ingin rasanya kita merestart  tahun 2020, atau kalo bisa ingin rasanya kita skip  tahun 2020. Yaah, virus Corona mungkin bisa menjadi hal paling buruk yang terjadi di tahun 2020 ini. Bagi tenaga medis yang berjuang di garda terdepan, melawan COVID-19 rasanya mungkin seperti berperang. Ya, berperang melawan virus yang tidak terlihat. Dalam peperangan melawan COVID-19 ini para petugas kesehatan juga memakai perlengkapan perang mereka.

Betul sekali! Alat pelindung diri (APD) atau sering pula disebut sebagai PPE (Protective Personal Equiment). Dalam pertempuran melawan COVID-19, APD menjadi hal yang sangat penting. Melawan musuh yang tidak terlihat dan mematikan tentu bukan hal yang bisa dianggap sepele. APD yang dipakai oleh para petuga kesehatan seperti Hazmat, Cap, Google, Face Shield, Masker N95, hingga sepatu Boot, menutupi seluruh tubuh mereka. Mungkin memakai APD terasa sangat tidak nyaman, namun ini penting untuk melindungi tubuh mereka.

Bagaimana dengan kita? Hal  yang harus kita sadari COVID-19 tidak hanya menyerang sector kesehatan, tapi juga sektor lainnya. Dunia pendidikan salah satunya, yang membuat kita harus belajar di rumah dan tidak bertatap muka di sekolah. Sadarkah kita, bahwa COVID-19 tidak hanya menyerang kesehatan jasmani, namun juga kesehatan mental dan rohani kita. Mungkin belum banyak kita yang menyadari, rasa sedih bosan, cemas, takut, ragu-ragu, dan panic seringkali muncul di dalam kehidupan kita. Kita mungkin sedih dan bosan berada di rumah, karena tidak bisa keluar bermain bersama  rekan kita. Orang tua kita cemas dan takut akan kebutuhan pangan dan ekonomi keluarga. Dan semua ini diakibatkan oleh COVID-19.

Pertanyaannya, apakah kita sudah memakai APD kita untuk melawan COVID-19?

Dalam kitab 1 Petrus, rasul Petrus menulis surat ini untuk orang-orang Kristen yang berada dalam situasi yang tidak mudah.

“Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.” 1 Petrus 1:6

Teman-teman pemuda remaja yang luar biasa, saat itu orang Kristen sedang ditimpa oleh berbagai masalah yang membuat bersedih. Namun, ada satu pesan yang luar biasa yang Rasul Petrus berikan untuk orang Kristen. Ayat 13 mengatakan.

Hal pertama yang harus kita siapkan adalah akal budi kita.

“Therefore, prepare your minds for action, keep sober in spirit, fix your hope completely on the grace to be brought to you at the revelation of Jesus Christ.”

Bahas Inggris menggunakan kata mind for action atau pikiran sebelum bertindak. Bahkan ada istilah “The Greatest Battle Ever Fought is the battle of the mind”. Pertempuran terbesar di dunia ini ada dil dalam pikiran kita. Ini menunjukkan pentingnya kita melakukan setting ulang pikiran kita. Menetapkan pikiran kita untuk tetap berharap dan berserah pada Yesus. Menetapkan pikirna kita untuk tetap bersemangat dan optimis dalam menghadapi COVID-19.

Ada beberapa hal kecil yang dapat membantu kita untuk mengeset pikiran kita dalam menghadapi COVID-19.

1. Menetapkan Prioritas dalam hidup kita

Prioriotas akan mambantu kita menghadapi COVID-19, sehingga kita tidak salah langkah, dan malah membuat masalah baru.

2. Menurunkan Gaya hidup dan pengeluaran yang tidak penting

Belajar untuk menahan jari dari Olshop dan membeli barang yang tidak diperlukan mungkin bisa kita lakukan. COVID-19 membuat susah hidup banyak orang, mungkin rekan-rekan bisa menggunakan uang yang lebih untuk membantu yang membutuhkan

3. Membaca Alkitab

Alkitab akan menuntun kita dan terus memberi kita harapan bahwa Tuhan ada bersama kita. Semakin sering kita membaca, makin mengertilah kita, akan suara Tuhan di dalam hidup kita

4. Membaca buku-buku rohani

Ada begitu banyak buku Rohani, yang akan membantu kita memahami Tuhan, dan memberikan kita semangat yang baru dalam mengikut Tuhan. Yuk, mulai belajar produktif, dengan membaca buku yang berkualitas

5. Belajar Keahlian baru

Daripada melakukan hal yang hanya menyenangkan, hai para kaum rebahan, marilah kita belajar melakukan hal yang meningkatkan softskill kita. Penting banget lo, soft skill yang baru tentu akan berguna dalam menghadapi New Normal di era COVID-19.

Penting bagi kita untuk menggunakan APD yang akan memproteksi kehidupan mental dan rohani kita.

”Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata dari Allah agar kamu sanggup berdiri teguh melawan siasat-siasat licik Iblis.”​—EFESUS 6:11

Yuk proteksi diri kita, dimulai dari melindungi pikiran kita sebelum bertindak. Sehingga nantinya kita bisa bertindak dengan baik dan sesuai dengan Firman Tuhan.

Mari kita renungkan

Sudahkah kita melindungi Pikiran Kita?
Sudahkah kita menempatkan Tuhan dan Firman-Nya untuk menghadapi hidup kita hari-hari ini?

Komitmen hari ini

Tuhan aku mau mengatur ulang pikiranku untuk menjalani hidupku, aku mau menempatkan Tuhan sebagai hal yang terutama di pikiranku, sehingga aku mampu mengatasi segala macam keatkutan dan rasa bosan yang aku alami.

RAN – KPH