Renungan Harian Anak, Selasa 08 September 2020

Hakim-hakim 7:1-25

Shalom Elohim Kids…… masih semangat merenungkan Firman Tuhan? Harus ya….. Karena firman Tuhan adalah penuntun dalam hidup kita. Jadi kita harus tetap semangat merenungkan Firman Tuhan.

Pagi ini kakak mau mengajak adik-adik lebih mengenal Tuhan kita. Sebelumnya kakak mau tanya, siapa yang pernah melihat film laga, seperti power rangers??? Kalau kita melihat film tersebut, pasti kita lihat ada 1 orang sebagai pemimpin kelompok tersebut. Sebagai pemimpin biasanya harus bisa mengatur strategi saat melawan musuhnya dan menghimpun teman-temannya untuk dapat mengalahkan musuhnya.

Dalam bacaan kita pagi ini kita belajar bersama Gideon dipilih Tuhan untuk menjadi pemimpin bagi bangsa Israel. Saat itu bangsa Israel harus berperang melawan bangsa Midian dan Amalek. Banyak orang ingin ikut berperang, tapi Tuhan berkata barangsiapa takut silahkan pulang, karena Tuhan tidak ingin bangsa Israel menyombongkan diri jika menang saat berperang. Lalu Gideon mengajak bangsa Israel untuk maju berperang, namun Tuhan memiliki strategi yang berbeda dan diluar pemikiran manusia. Tuhan menyuruh Gideon memilih pasukannya dengan cara Tuhan yaitu menyuruh mereka untuk minum. Mungkin karena haus, sebagian besar mereka langsung minum dengan mulut dan lidah mereka (menjilat), tapi ada juga yang minum dengan sopan menggunakan tangan mereka.

Orang-orang yang minum dengan sopan itulah yang dipilih Tuhan, yang lainnya disuruh pulang oleh Tuhan. Hanya tinggal 300 orang yang tersisa, cukup sedikit dan tidak sebanding dengan musuhnya yang banyak. Tapi Tuhan berfirman akan memberikan kemenangan kepada Gideon dan pasukannya. Sekali lagi cara Tuhan membantu bangsa Israel tidak sama dengan yang lain. Kalau biasanya tentara berperang membawa senjata, kali ini pasukan Gideon hanya membawa sangkakala, buyung kosong dan suluh/obor.

Dengan alat sederhana itulah pasukan Gideon menang perang. Malam itu mereka tidak berperang secara langsung, tapi Tuhan yang membuat musuhnya saling membunuh. 300 orang tadi hanya membunyikan sangkakala, memecahkan buyung, menyalakan suluh dan menonton saja. Saat itu mereka melihat Tuhan membuat mereka menang tanpa harus berperang secara langsung.

Hebat ya Tuhan kita…… Tuhan sangat luar biasa membantu bangsa Israel menghadapi para musuhnya. Saat ini kita juga punya musuh lho! Selain iblis, kita juga punya musuh yaitu kedagingan kita seperti rasa malas, keinginan untuk marah, sombong atau membantah orang tua. Mungkin kita sangat sulit mengalahkan musuh-musuh kita itu, tetapi jangan kuatir kita punya pemimpin yang luar biasa.

Kita adalah pasukan Kristus.

Tuhan Yesus adalah panglima/pemimpin kita. Tuhan Yesus pasti punya banyak cara untuk menolong kita menghadapi musuh kita. Jangan takut kepada musuh-musuh kita, tapi sebaliknya lawanlah mereka bersama Tuhan Yesus. Jika kalian ingin menang, harus taat dan setia kepada Tuhan, kenakan semua senjata Allah yang terdapat dalam Efesus 6:13-17.

Ayat Hafalan:

Roma 8:31b, Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Komitmen saya:

Tuhan, berjalanlah bersamaku saat aku menghadapi musuh-musuh yang tidak dapat saya lihat. Saya percaya bersama Tuhan dan saya akan mendapatkan kemenangan.

SP – SP