Renungan Harian Anak, Kamis 02 Juli 2020

Bilangan 13:25-33

Hallo Adik-adik,…Selamat Pagi…tetap semangat yach…

Adik-adik,siapa di sini pernah merasakan rasa takut? Waduh ternyata banyak ya…..Hayo takut karna apa? Lampu padam,di rumah sendirian,wah masih banyak lagi ya… ternyata semua orang pernah mengalami yang Namanya rasa takut.

Adik-adik… tau ga kalian kalau “ketakutan” itu  adalah senjata iblis untuk membuat anak-anak mundur, tidak percaya akan penyertaan Tuhan dan bahkan akhirnya tidak mau ambil bagian dalam rencana Tuhan.

Firman Tuhan dalam 1 Yohanes 4:8 menyatakan bahwa

“Dalam Kasih tidak ada ketakutan”

Firman Tuhan mengajarkan adik-adik harus menjadi pribadi yang berani, Percaya bahwa Tuhan Yesus selalu menyertai. Kasih yang dari Tuhan akan melenyapkan ketakutan.

Hari ini kakak mau cerita seorang anak Tuhan yang bernama Bapak Yosua.

Pada saat Tuhan menjanjikan tanah perjanjian kepada umat pilihanNya,Tuhan memberi perintah kepada nabi Musa untuk mengirim 12 orang utusan pengintai untuk mengintai keadaan tanah perjanjian tersebut, menyelidiki bagaimana penduduknya dan apa saja yang mereka lakukan. Wah,tanah perjanjian itu sangat besar…Kanaan namanya. Adik-adik Kanaan ini Tanah yang Tuhan janjikan berupa tanah yang subur,hasil perkebunannya bagus-bagus,banyak berlimpah susu dan madunya…..wohhh enak-enak sekali yach…. Adik-adik tahukah kalian seperti apa orang yang tinggal di Kanaan itu?mau tahu…atau mau tahu bangetttttt ? Orang Kanaan adalah orang-orang raksasa,bertubuh besar dan tinggi hampir 2 meter. Karena melihat perawakan orang Kanaan besar kayak raksasa,ke 10 pengintai menjadi ketakutan. Dan ketakutan ini mereka sebarkan kepada orang Israel yang lainnya, dan membuat mereka semua ketakutan, sehingga hal ini mengakibatkan orang Israel tidak bisa masuk ke tanah perjanjian.

Dari 12 pengintai itu,hanya Yosua dan Kaleb tetap berani karena mereka percaya bahwa ALLAH yang mereka sembah pasti menolong mereka. Karena ketakutan akhirnya membuat 10 orang pengintai yang lain lupa kalau ada Tuhan yang menyertai mereka. Mereka lupa akan janji-janji Firman Tuhan yang sudah Tuhan berikan.

Adik-adik, musuh kita iblis selalu ingin membuat adik-adik takut, ga berani melakukan sesuatu. Adik-adik harus percaya bahwa ada Tuhan Yesus yang menyertai adik-adik semuanya. Kuasa Tuhan Jaaauhhhh lebih besar dari pada kuasa iblis.

Ketakutan adanya dipikiran adik-adik, karena itu dari pada pikiran kita diisi dengan hal yang menakutkan atau membuat kuatir, adik-adik harus isi pikiran adik-adik dengan Firman Tuhan yang membangkitkan iman dan kekuatan.

Karena itu adik-adik harus rajin menghafal ayat Firman Tuhan (seperti renungan minggu lalu), baca renungan. Dan kalau adik-adik merasa takut ayo berdoa minta pertolongan Tuhan.

Ingat ya : Tuhan mau kita anak-anakNya untuk berani,jangan mau ditipu iblis dengan roh ketakutan.

Ayat Hafalan:

1 Yohanes 4:18, Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan;

Komitmenku hari ini:

Aku percaya bahwa ada Tuhan Yesus yang selalu menjaga dan menyertai hidupku, aku tidak boleh Takut.

Yu – RS