Renungan Harian Youth, Selasa 01 Desember 2020

Bacaan alkitab hari ini :

FILIPI 4:8, Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci , semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Hallo …. teman-teman Elohim Youth yang dikasihi Tuhan, Bagaimana kabarnya hari ini? Tetap semangat ya, baik baca dan dengarkan renungan , juga belajar secara online nya  , serta tetap melakukan protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas kita.

Tema yang saya bawakan saat ini adalah “ Apa yang ada dipikiranmu? ”

Benar-benar gak kebayang ya, kita tahu bahwa saat-saat ini  perkembangan teknologi sangat cepat dan kecanggihannya sangat luar biasa. Salah satunya adalah technologi digital, ada game online  (ini mungkin kesukaan banyak anak remaja dan pemuda tentunya ), kita bisa belanja gak pakai keluar rumah , pakai aplikasi online barang juga sampai rumah, beli makanan juga gak usah kewarung (cuman pencet pencet pakai jari , bayar , beberapa menit makanan sudah muncul di depan pintu rumah ), kita cari berita juga pakai online, sekolah saat ini juga pakai online, bahkan cari konten apapun bisa kita cari pakai online digital. Tentunya itu semua akan mempengaruhi pikiran kita. Kita harus benar-benar menggunakan media online ini secara bijak, kalau enggak akan merusak piikiran kita. Apalagi dunia digital itu bebas dan kita sendirilah yang dapat menyaringnya.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi pikiran kita,
Dari bacaan yang kita baca, informasi yang kita dapatkan, dari pergaulan kita dengan rekan-rekan kita dan tentunya jaman sekarang adalah kecanggihan teknologi melalui internet. Dari permainan yang kita mainkan, dari berita yang kita lihat dan juga dari konten-konten  yang sering kita lihat akan sangat mempengaruhi pikiran kita .

Apa yang ada dipikiranmu saat ini? Konten-konten apa yang sering kalian lihat? Sudah sesuaikah apa yang kamu pikirkan dengan Firman Tuhan? Kalau belum, yok kita mulai berubah, Firman Tuhan saat ini mengajak kita semua untuk memikirkan :

1.semua yang benar
2.semua yang mulia,
3.semua yang adil,
4.semua yang suci
5 semua yang manis
6 semua yang sedap didengar
7 semua yang disebut kebajikan dan
8 patut dipuji.

Kita harus merubah dan meninggalkan kebiasaan yang buruk yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan.

Contoh , masih sering melihat pornografi , suka melihat film-film yang bisa merusak pikiran kita, suka melihat gosip, bahkan seluruh informasi mengenai keadaan dunia ini yang bisa membuat kita semakin kuatir …. Rekan-rekan hal ini sangat mempengaruhi pikiran kita, 

Sebaliknya Kita harus mengisi pikiran kita dengan hal-hal positif,
isi pikiran kita dengan banyak membaca Firman Tuhan, mengisi dengan hal hal yang baik yang bisa mempengaruhi pikiran kita,  sehingga kita bisa memikirkan yang benar, mulia adil, suci, manis , sedap didengar, kebajikan dan patut dipuji. Mari Kita minta pimpinan Roh Kudus yang memampukan kita untuk memikirkan semuanya itu sesuai Firman Tuhan, Kalau kalian saat-saat ini masih banyak kegiatan di rumah, kalian juga bisa mengisi pikiran kalian  dengan banyak membaca dan melihat konten-konten yang baik dan benar yang berguna untuk membangun kehidupan kalian.

“Pikirkanlah semuanya itu”

pikirkanlah apa yang benar, dan segala kebaikan yang ada, bagaimana caranya dengan membuka pikiran kita dengan hal-hal yang benar dan  bijaksana memasukkan segala informasi kedalam pikiran kita. Jangan lengah dengan segala kenikmatan yang ditawarkan oleh dunia ini.

Tetap semangat, sehat selalu, Tuhan Yesus memberkati, kita semua.

Komitmenku hari ini

Pikirkanlah apa yang benar, jadilah bijaksana dalam mengolah semua informasi yang ada. Kenakanlah pikiran Kristus untuk menjagai pemikiran kita

RA – MLE