Renungan Harian Sabtu, 19 Desember 2020

Hari-hari ini dunia dibuat takut dengan hal yang sangat kecil dan kasat mata yaitu Virus Covid-19. Bukan karena ukurannya yang mikroskopik namun karena dampak yang dihasilkan oleh virus ini.

Sebuah benda memiliki unsur kimia terkecil disebut dengan Atom … ditangan manusia yang tepat bisa berguna dengan luar biasa; atau bahkan sebaliknya. Ex: Bom Atom Nagasaki dan Hirosima.

Kita hidup dalam sebuah keadaan dunia yang mengabaikan apa yang nampaknya kecil dan sepele padahal hal-hal tersebut memiliki dampak yang besar dan sangat berpengaruh bagi kehidupan. Ada banyak hal yang awalnya kecil tetapi dampaknya sebenarnya sangat merusak. Contohnya: kebiasaan mencontek, hal yang kecil namun sebenarnya ada sebuah mental korupsi yang sedang ditanamkan dalam diri siswa.

Alkitab memberikan contoh ada hal-hal yang kecil namun berdampak besar.

II Raja-Raja 5:2-3. Gadis dalam kisah kesembuhan penyakit kusta Naaman. Tokoh ini seringkali bukan menjadi pokok dari kisah ini, bahkan namanya pun tidak diseb utkan namun sebenarnya kisah kesembuhan naaman diawali dari kesaksian gadis ini.

Yohanes 6:9. Kisah Tuhan Yesus memberik makan 5000 orang, anak kecil yang membawa 5 roti dan 2 ikan … tidak disebutkan namanya, namun kisah ini tidak terlepas dari peran anak laki-laki ini

Berangkat dari sesuatu yang kecil, tidak berarti dan tidak diperhitungkan, Allah bisa memakai untuk menghasilkan hal-hal yang besar.

Kebenaran Apakah yang bisa kita ambil dari kisah-kisah ini:

Mengubah Tantangan Menjadi Peluang

Hal-hal yang kecil merupakan tantangan bagi kehidupan kita secara umum, namun bisa kita perhatikan bahwa dari hal-hal yang kecil itu tetap ada peluang untuk menjadi potensi yang besar.

Seberat apa pun tantangan hidup, kita harus dapat mengubahnya menjadi sebuah peluang! Peluang untuk semakin kuat dan berdampak.

Kisah gadis budak Naaman sebenarnya sedang memiliki tantangan yang berat, dia adalah seorang yang masih kecil, dia adalah seorang budak. Dia memiliki sikap dan respon yang tepat dan benar, dia tidak bersukacita atas penyakit tuannya namun lewat kesempatan itu ia memberitakan mengenai Allahnya dan pada akhirnya membuat Naaman menjadi pribadi yang berkomitmen kepada Allah Yahweh.

Jika kita hanya melihat kemalangan karena kelemahan kita, hanya akan membuat kita lemah namun sebaliknya tantangan itu bisa menjadi sesuatu yang berdampak besar bagi kehidupan kita.

Bersedia dan Rela

Dari anak kecil yang membawa roti dan ikannya, hal bisa kita lihat adalah kesediaan dan kerelaannya untuk menyerahkan apa yang menjadi miliknya …  meskipun itu kecil namun itu milik yang terbaik baginya.

Tuhan mencari orang-orang yang rela dan mau, bukan orang-orang yang hebat. Karena hal-hal yang biasa dari orang-orang yang memiliki kerelaan akan menjadi luar biasa ditangan Tuhan. Sehingga setiap kita semakin menyadari bagaimana Tuhan sanggup berkarya melalui kehidupan setiap kita semuanya

Jadilah “Atom” nya Tuhan. Meskipun nampak “kecil” namun mampu memberi dampak yang dahsyat

Tuhan Yesus memberkati

PL