Renungan Harian Youth, Kamis 11 Juni 2020

Markus 10; 46-52

Hai, rekan-rekan Youth Elohim. Gimana kabar kalian hari ini? Tetep semangat ya. Well, pasti kalian sudah pernah denger kisahnya Tuhan Yesus menyembuhkan Bartimeus, kan?

Dalam Injil Markus 10:46-52 … waktu itu Tuhan Yesus keluar dari kota Yerikho dan saat di jalan ada seorang pengemis yang duduk di pinggir jalan, namanya Bartimeus. Rupanya, sewaktu Bartimeus dengar kalau Tuhan Yesus bakalan lewat, dia langsung memanggil nama Yesus untuk minta dikasihani, walaupun sudah banyak orang yang melarangnya untuk berteriak. Waktu itu, pasti Bartimeus nggak tau posisi Tuhan Yesus udah deket, masih jauh, ataukah malah udah jalan melewatinya, yang dia tau hanyalah Tuhan Yesus pasti di dekatnya. Bahkan, Bartimeus memanggil Yesus sebagai anak Daud. Hal ini menunjukkan bahwa Bartimeus mengingat akan Yesus.

Lalu apa yang terjadi? Rupanya Tuhan Yesus mendengar dan meminta muridnya untuk memanggil Bartimeus. Bartimeus segera pergi dan mendatangi Tuhan Yesus.

Setelah itu Tuhan Yesus bertanya “apa yang kau kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?”.

Kalau kita melihat pertanyaan Tuhan Yesus itu, apakah saat itu Tuhan Yesus tidak melihat kondisi Bartimeus? atau Tuhan Yesus tidak tahu apa yang diinginkan Bartimeus? No, Tuhan Yesus tentu sangat tahu, Tuhan Yesus sudah mengerti saat melihat keadaan Bartimeus, tapi Tuhan Yesus tetap bertanya. Karena apa?

karena Tuhan Yesus ingin kita sebagai anak-anaknnya tetap sampaikan apa kita mau dan inginkan, tetap bicara apa yang kita pergumulkan, tetap meminta apa yang kita inginkan.

So, saat Tuhan bertanya, Bartimeus pun menjawab “Rabuni, supaya aku dapat melihat”.

Nah kali ini, Bartimeus menjawab dengan panggilan Rabuni atau guruku. Panggilan ini menunjukkan kedekatan secara pribadi. Mendengar hal itu, Tuhan Yesus menjawab, “pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!”. Akhirnya Bartimeus pun bisa melihat.

Nah, temen-temen. Dari kisah ini kita belajar bersama bahwa Tuhan Yesus selalu tahu apapun kondisi kita, segala yang menjadi keperluan kita …  tapi kita perlu bicara, kita perlu meminta, kita perlu sampaikan apapun permasalahan dan pergumulan kita kepada Tuhan.

Bicaralah kepada Tuhan nyatakanlah isi hatimu kepada Tuhan, berserulah dan percayalah bahwa Tuhan mendengar setiap doa dan pergumulanmu

Tepat seperti apa yang Tuhan Yesus nyatakan …

Lukas 11:9-10 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

So, di masa-masa sekarang tetap ingat bahwa Tuhan Yesus dekat dengan kita walaupun kita tidak bisa melihat secara langsung, tapi seperti Bartimeus kita hanya bisa percaya dan beriman bahwa Tuhan dekat dengan kita dan masih memegang kendali untuk segala sesuatunya.

So, ayo bicara! Yuk ngomong sama Tuhan apapun keadaan kita.

Komitmenku hari ini:

Aku mau bicara kapanpun dan dalam keadaan apapun dengan-Mu, ya Tuhan. Ajari aku untuk menyadari bahwa aku tidak pernah sendirian

GE – MLE