Ikutlah_aku_kata_Tuhan_Yesus

Renungan Harian Selasa, 11 Agustus 2020

Yohanes 21:18-23

Dalam bacaan nats Firman Tuhan hari ini kita bersama memperhatikan bagaimana Tuhan Yesus menubuatkan mengenai perjalanan kehidupan dari rasul Petrus dan juga Yohanes. Kita bisa merenungakan nasehat tentang 3 prinsip dalam menghadapi masa depan :

1. Tuhan Yesus mengetahui dengan pasti dan jelas tentang masa depan kita.

Tuhan Yesus mengetahui dengan pasti dan jelas tentang masa depan kita seperti ia tahu masa depan Petrus. Ia berdaulat, mengontrol dan mengetahui masa depan umatNya dengan pasti. Melihat kedepan, kita mudah kuatir karena keterbatasan kita sebagai manusia. 

Manusia terbatas  tetapi Tuhan kita tidak terbatas.  Semakin kita kita bersama Tuhan maka kita semakin  tenang melihat masa depan kita.  Pandangan mata kita hanya bisa melihat dekat tetapi  Tuhan kita tidak terbatas dan bisa melihat jauh ke depan.   Menarik untuk diperhatikan bahwa dari segi manusia, masa depan Petrus menyedihkan, dimasa depan ia akan mati sebagai martir dan ia akan membiarkan dirinya hidup dalam ketaatan dalam menghadapi situasi yang sulit. Ia tidak takut mati, dan ia tidak akan menyangkal Tuhan Yesus lagi.   

Apa poinnya? apa yang dipandang Tuhan jauh lebih penting dan bukan yang dipandang oleh manusia.
Jadi artinya mutu atau kualitas hidup kita tidak tergantung kepada lamanya kita hidup dalam melayaniNya, tidak tergantung dimana kita melayaniNya dan tidak bergantung pada banyaknya harta kita, mutu hidup kita bergantung pada kehidupan  yang memuliakan Tuhan Yesus, Kehidupan yang berfokus pada ketaatan, tunduk, dan ikut pada kehendakNya. Ironisnya pada umumnya, penderitaan atau masalah yang kita hadapi bukan karena kita ikut Yesus atau melayani-Nya tetapi karena keteledoran kita, ketidaktaatan atau kesalahan kita sendiri.

2. Fokus pada pribadi Yesus bukan manusia

Tuhan Yesus melarang Petrus melihat orang lain, tapi lihat Yesus saja (ayat 22) Yohanes murid Tuhan yang dikasihi Yesus mempunyai masa depannya sendiri ,  Yesuslah yang berdaulat atas masa depan setiap umat-Nya.

Ibrani 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan

Dalam kehidupan yang penuh tantangan ini kita harus memandang kepada Yesus sehingga tindakan tersebut mengubah hidup kita,  Kecendrungan manusia suka melihat orang yang bisa jadi membuat kita membandingkan dan akhirnya menjadi iri hati. Ingatlah bahwa Iri hati merusak tulang bagian dalam hidup kita (pikiran, hati ,dan perasaan kita – Amsal 14:30) 

3. Mengikut Yesus dengan segenap hati dan sukacita

Yesus berkata pada Petrus, “Ikutlah Aku” . Artinya gaya hidup kita adalah gaya hidup dalam ketaatan pada Yesus Kristus.  Dalam Yohanes 15:4-5, Tuhan Yesus memerintahkan kita untuk tinggal, tetap fokus, dan terus menjaga hubungan dengan Tuhan maka kehidupan kita akan menghasilkan buah.  Tetap dalam Yesus akan memiliki buah, buah adalah hasil dari hati yang terpikat, atau hubungan erat dengan Yesus.

Perhatikan dan amati sekali lagi dengan baik ajakanYesus, ikutlah Aku, ikutlah Aku berarti ada keputusan pribadi yang diambil, ada dedekasi, komitmen dan pengorbanan dari kehendak kita  kepada kehendak Tuhan, mematikan ego kita kpd pimpinan Tuhan. 

Ikut  Yesus berarti  kita memberikan iman kita pada Yesus untuk mengalahkan  kekuatiran kita. Berbicara masa depan, karakter gaya hidup kita sekarang mempengaruhi, menentukan masa depan kita dengan baik, itulah sebabnya Yesus berkata pada Petrus, ikutlah Aku dalam bentuk sekarang present, sikap / hidup sekarang ditentukan oleh tujuan yang Tuhan sudah tetapkan yaitu hidup penuh kesetiaan, ketaatan pada Tuhan Yesus. 

Tuhan menentukan dan  tahu masa depan kita, tetapi kita mempunyai  tanggung jawab hari ini, ingatlah bahwa kecantikan, ketampanan, kesuksesan, bisa hilang dan pudar, tetapi karakter seperti  Yesus akan terus akan bertahan.   

“Ikutlah Aku” kata Yesus tidak peduli sejauh mana hidup dan hati  saudara sudah kesasar jauh, sudah dingin, sudah masa bodoh pada kehendak Tuhan Yesus  saat ini, tetap datanglah dan Ikulah Yesus jadikan Tuhan dalam hidup saudara !!! Segeralah  putar arah, hidup saudara hari ini berbalik pada YESUS.   

Tuhan memberkati.

EW