Renungan Harian Youth, Jumat 11 September 2020

Syalom rekan-rekan youth … salam luar biasa, semoga rekan-rekan semua tetap semangat memasuki hari yang baru ini.

Seperti renungan harian kemarin tentang “apa yang kita cari” didalam Tuhan, Kekristenan jauh melebihi sebuah agama atau sistem kepercayaan. Dan itulah yang Tuhan ajarkan kekristenan adalah sebuah hubungan antara manusia dengan Allah, dan didalamnya kita belajar mengenai pengenalan akan Allah yang benar.

2 Petrus 1:3-4

Panggilan dan pilihan Allah Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Pada bagian ini kita belajar Bersama bahwa

Pengenalan akan Tuhan akan membawa kita kepada kesalehan, sehingga kita dapat mengambil bagian didalam Tuhan dan serupa dengan Kristus.

Jika kita hanya sekedar tahu tentang seseorang maka tidak bisa dikatakan bahwa kita menjadi bagian orang tersebut, mungkin lebih pas kita hanya “mengenal kulitnya bukan dalamnya.” Kita tidak bisa mengatakan kita tahu hatinya, kerinduannya, apa yang membuatnya senang atau sedih. Namun berbeda dengan pengenalan, pengenalan akan membawa kita untuk mengenal secara mendalam … digambarkan seperti pasangan hidup maka disana ada pengenalan yang mendalam sehingga dapat diketahui  isi hati dan pikiran dari orang yang kita kasihi.

Firman Tuhan menyatakan dalam pengenalan akan Allah akan menuntun kita untuk menerima janji-janji Tuhan  berharga dan sangat besar agar kita dapat menjadi bagian dari kodrat ilahi.

Janji menurut kamus Webster adalah suatu deklarasi/ pernyataan bahwa seseorang akan melakukan atau tidak melakukan hal tertentu. Itu merupakan sesuatu yang sah sehingga orang yang menerima janji punya hak untuk mengharapkan kenyataan dari janji itu.

Rasul Petrus menyatakan bahwa janji Tuhan itu sangat besar dan berharga.

Janji-janji Tuhan Tuhan punya peran penting bagi masa depan kita.

Tuhan memberikan pengharapan yang besar dan ajaib bagi dimasa depan kita. Pengenalan akan Tuhan akan menuntun kehidupan kita untuk menikmati janji yang sangat besar dan sangat berharga yaitu “MENGAMBIL bagian dalam KODRAT ILAHI”

Inilah TUJUAN dari kekristenan kita … hidup dalam KODRAT ILAHI

Setiap Firman yang diberikan dalam kehidupan kita, karya Roh Kudus dalam kehidupan kita akan menghidupkan Firman yang berkuasa untuk mengubahkan manusia lama kita menjadi manusia yang baru.

Rekan-rekan youth …  ditengah situasi dunia yang menawarkan kenikmatannya yang ujungnya adalah membawa maut. Ingatlah ada panggilan KODRAT ILAHI yang Tuhan berikan bagi kehidupan kita.

Jangan biarakan kebenaran ini berlalu begitu saja, sehingga iblis berhasil untuk menipu kita sehingga kita menjadi anak Tuhan yang tidak bertumbuh. Karena inilah yang akan dilakukan oleh iblis yaitu mencuri benih kebenaran-kebenaran digantikan dengan benih kematian.

Rekan-rekan youth, Mari mengambil bagian didalam Kodrat Ilahi agar karakter Kristus terus bertumbuh dalam kehidupan kita.Melalui Firman Tuhan yang kalian dengar setiap hari ijinkan Roh Kudus terus menumbuhkan Firman itu, dan akan memampukanmu menjadi pelaku Firman sehingga kehidupanmu bertumbuh dan menghasilkan buah yang menyenangkan Bapa di Sorga.

Komitmenku hari ini:

Aku mau memegang dan mengalami bahwa janji Tuhan dalam kehidupanku, yang akan menuntunku untuk menikmati penggenapannya yaitu hidup dalam KODRAT ILAHI yang sudah dianugerahkan bagiku.

YNP – AC