Renungan Harian Youth, Sabtu 20 Juni 2020

Selamat pagi rekan-rekan youth Elohim yang dikasihi Tuhan Yesus.

Pagi ini ada cerita ilustrasi mengenai seorang kakek dan cucu laki-lakinya yang masih sangat muda. Setiap pagi si kakek bangun lebih awal dan membaca Alkitab seperti biasanya. Cucu lelakinya yang melihat kebiasaan sang kakek, ingin sekali menirunya. Jadi mulailah si cucu bangun pagi dan membaca Alkitab. Suatu hari, sang cucu bertanya, “Kakek, aku mencoba membaca Alkitab seperti kakek tapi aku tidak dapat memahaminya. Apa yang baru aku baca dengan cepat pula aku melupakannya. Apa sih manfaat dari membaca Alkitab?”  Dengan tenang kakek mengambil baskom tempat arang, yang sebelumnya sudah dilubangi sedikit bagian bawahnya, dan menjawabnya, “Bawalah baskom ini ke sungai, penuhi dengan air dan bawalah kembali”. Sang cucu melakukan seperti yang diperintahkan kakek. Tetapi semua air habis sebelum si cucu sampai di rumah. Sudah 3 kali percobaan tapi semua gagal dan kakek hanya tertawa. Dengan sisa tenaga yang ada si cucu berkata kepada kakek bahwa semua yang dia lakukan percuma saja alias sia-sia. Kata kakek, “Jadi menurutmu semua ini percuma?” Coba lihat baskom itu. Saat sang cucu melihat baskom bekas arang yang tadinya kotor sekarang sudah bersih. Dan dia baru menyadarinya.  

Sedikit nasihat kakek, “Cucuku, itulah yang terjadi ketika kamu MEMBACA ALKITAB. Kamu TIDAK BISA MEMAHAMI atau INGAT segalanya, tetapi ketika kamu MEMBACANYA lagi dan lagi dan lagi, kamu akan BERUBAH luar dalam. Itu adalah KARUNIA dari ALLAH di dalam hidup kita.

Dalam YOSUA 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

Banyak orang yang merasa tidak terlalu penting untuk membaca Firman Tuhan. Sudah cukup puas ke gereja seminggu sekali. Atau membaca Alkitab seperlunya saja saat butuh penghiburan. Ada juga yang membaca Alkitab tapi malas untuk merenungkannya.

Padahal banyak manfaat dari membaca Firman Tuhan setiap hari loh guys, diantaranya:

1. Firman Tuhan sebagai Pelita dan Penerang Langkah kita.

Dalam Mazmur 119:105 “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Tanpa cahaya, kita tidak akan dapat melihat rintangan di depan yang mungkin membuat kita terjatuh, terluka atau mengancam nyawa kita.

2. Firman Tuhan yang memberi Hidup.

Tubuh jasmani saja perlu asupan makanan tiga kali sehari supaya ada energi untuk beraktivitas. Sama halnya dengan tubuh rohani kita yang perlu asupan Firman setiap hari. “

Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Matius 4:4

3. Firman Tuhan membentuk kita untuk menjadi serupa dengan Allah.

Bagaimana caranya? Dengan berperilaku sesuai Firman Tuhan, nah semua perilaku yang dimaksud ada dalam Alkitab. Coba bayangkan kalau kita malas membaca Alkitab. Bagaimana jadinya ya?

Tentunya masih banyak manfaat dari membaca Alkitab setiap hari. Tanpa Firman Tuhan sama artinya kita hidup dalam kegelapan, tanpa Firman Tuhan bisa jadi jalan kehidupan yang kita tempuh salah arah yang membawa kita semakin jauh dari-Nya.

Ada ajaran Yesus, perintah juga larangan Tuhan,  pedoman, panduan, sejumlah rambu-rambu, bahkan solusi yang terdapat dalam Alkitab.

Rekan-rekan youth Elohim dimana pun kalian berada, yuk mari kita mau memanfaatkan waktu yang ada untuk membaca Alkitab. Tuhan memberkati kita semua.

Mazmur 119:9  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Komitmen hari ini :

Saya mau belajar mencintai Firman Tuhan setiap hari. Saya yakin Tuhan memampukan saya. Amin.

Pengumuman :

Jangan lupa nanti sore … Elohim Youth Ministry jam 16.30
El-Rei dengan Tema “JULID”
dan juga Ibadah Online besok Minggu jam 07.00 dan
Sunday Funday jam 08.15

Ayo bersama dengan keluarga tetap beribadah, walaupun masih harus ibadah diruman masing-masing

YN – AS