Renungan Harian Anak, Jumat 05 Juni 2020

Hallo adik-adik semua, hari ini kita mau merenungkan Firman Tuhan Bersama. Bacaan Firman Tuhan Kakak ambil dari kitab Amsal 30:24-28

Raja Salomo adalah seorang Raja yang paling bijaksana di seluruh dunia, dia seorang yang sangat pandai, dia suka memperhatikan kehidupan binatang dan tumbuh-tumbuhan. Dikisah ini Raja Salomo memperhatikan 4 binatang kecil tapi hebat, apa saja hayo tadi binatangnya…

Semut…Pelanduk…Belalang…dan, Cicak…

Semut,

sering kita lihat kan… badannya kecil, ia adalah binatang yang imut, Walaupun imut, badannya kecil, tetapi semut itu adalah binatang yang rajin, dan suka bekerja keras lho. Semut tidak pernah duduk-duduk dan melamun, tidur-tiduran dan bermalas-malasan. Waktu seekor semut bertemu dengan sebutir gula, ia akan menggotongnya dan dibawanya ke sarang walaupun jaraknya jauh. Semut juga tidak memikirkan dirinya sendiri lho adik-adik, Ia mencari makanan bukan untuk dimakan sendiri, melainkan ia mencari makanan untuk seluruh bangsanya yang tinggal di sarangnya.

Jangan mau kalah sama si imut semut ya….? Mulai sekarang kita mau rajin seperti semut.

Kamu bisa Bantu mama menyiapkan sendok dan garpu untuk makan seluruh keluarga. Kamu juga bisa bantu membuang sampah pada keranjang sampah, sehingga tidak mengotori rumah. Kamu juga bisa bantu mama menyiram tanaman. Sehabis bermain jangan malas merapikan mainan, kembalikan mainan di tempatnya semula, sehingga rumah terlihat tetap rapi.

Binatang ke dua namanya …

Pelanduk,

adik-adik tau ndak binatang Pelanduk…? Pelanduk adalah binatang sejenis tupai / kelinci yang hidup cekatan, ia sadar dirinya lemah karena tidak memiliki kuku untuk mencengkram, maka ia membangun rumahnya dibukit berbatu yang kuat agar musuhnya sulit untuk bisa menangkapnya.

Demikian juga kita semua adik-adik, kita disebut seperti domba yang lemah maka dari itu kita harus mencari tempat perlindungan yang kuat.

Perlindungan kita yang kuat itu ada di dalam Tuhan Yesus.

Jadi, adik-adik… kalau adik-adik tidak mau ditangkap oleh si iblis, kita harus berlindung padaYesus saja.

Binatang berikutnya apa hayo… iya,

Be-la-lang….

sapa yang pernah makan belalang…upss, bukan-bukan… adik-adik pasti tau ya seperti apa itu binatang Belalang. Belalang juga termasuk binatang yang lemah lho… kekuatannya hanya ada di giginya yang kecil, tapi itupun tidak membuatnya menjadi binaatang yang ditakuti. Tapi saat belalang-belalang berkumpul jadi satu dan kompak, itu yang membuatnya jadi suatu kekuatan yang luar biasa. Ingat kisah 10 tulah dimesir, ada tulah belalang yang menghabisi semua hasil tanam orang-orang mesir lho dan itu bencana yang mengerikan…wow.

Dari Belalang kita diajar untuk menjadi anak-anak yang teratur, tertib, dan disiplin ya.

Ketika kita di sekolah, ada aturan yang harus kita ikuti, begitu juga saat kita dirumah… dirumah Papa Mama tentu juga punya aturan buat kita, kapan waktunya mandi, makan, belajar, membantu pekerjaan rumah, dan lain sebagainya. Nah, kita harus mengikuti semua aturan dengan teratur, tertib dan tentunya harus disiplin.

Dan, binatang yang keempat adalah

Cicak.

Cicak adalah binatang yang lemah, namun ia memiliki beberapa kelebihan lho…, salah satunya ia bisa berada diistana, dan melihat pembesar-pembesar disana, sedangkan kita belum tentu bisa masuk diistana. Cicak bukanlah binatang yang bisa terbang tetapi ia bisa menyantap binatang yang terbang seperti nyamuk, lalat dan serangga yang lain. Saat ia mengejar buruannya ia bisa begitu tenang, tidak terpancing emosinya, tapi cicak begitu sabar dan penuh perhitungan.

Dari Cicak kita mau belajar tentang kesabaran ya adik-adik.

Siapa yang dirumah masih suka marah-marah hayo… marah karena kita pingin sesuatu tapi tidak dibelikan sama Papa, marah ke Mama karena Mama masak makanan yang tidak kita sukai, marah karena kita disuruh berhenti bermain game karena sudah terlalu lama, marah karena kita tidak boleh nonton youtube terus… dan masih banyak lagi yang isa buat kita marah-marah dan tidak sabar. Mulai sekarang, yuk kita belajar jadi ana yang sabar.

Nah adik-adik kita belajar 4 hal dari 4 binatang yang disebutkan Raja salomo di kitab Amsal ini: Semut mengajarkan tentang Kerajinan; Pelanduk mengajar kita untuk berlindung pada Tuhan; Belalang mengajarkan tentang ketertiban, dan Cicak mengaja kepada kita semua tentang kesabaran.

Ayo kita baca ayat hari ini …

Amsal 13:4 Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

Komitmen hari ini:

Tuhan aku mau menjadi anak yang rajin, selalu berlindung kepada-Mu, jadi anak yang tertib dan menjadi anak yang sabar. Amin.

CM – YC