Belajar_mengatur_waktu

Renungan Harian Anak, Senin 27 Juli 2020

Selamat hari senin adik adik. Semoga adik adik semua dalam keadaan sehat dan selalu bersukacita. Bersyukur sekali hari ini kita masih dapat mendengarkan dan membaca firman Tuhan. Semua sudah siap? Berdoa dulu yuk..

Tema Firman Tuhan hari ini adalah belajar mengatur waktu. Ayo siapa disini yang pernah mempergunakan waktu dengan tidak baik? Pasti kita semua pernah ya seperti itu. Contohnya waktunya tidur malam kita masih main handphone sampai larut malam, waktunya belajar kita masih asik menonton TV atau waktunya kita berdoa atau membantu orangtua kita malas malasan, sepertinya masih banyak lagi ya. Setiap hari kita harus belajar untuk mengatur waktu dengan baik, apalagi adik adik saat ini masih sekolah dirumah bukan berarti adik adik bebas melakukan apa saja dirumah ya. Yuk belajar dari firman Tuhan.

Tuhan akan memberikan kepada semua orang waktu yang sama setiap harinya, tetapi ada orang yang dapat menyelesaikan lebih banyak hal daripada yang lain. Perbedaannya tergantung pada cara mereka mempergunakan waktu mereka.

Sebagai anak Tuhan, kita harus menyadari bahwa waktu adalah pemberian Allah yang sangat berharga bagi kita. Pergunakan waktu secara efektif dan efisien. Artinya bisa mengerjakan banyak hal dengan cara yang benar dan tidak sia-sia (Kolose 4:5).

Waktu yang diberikan kepada kita adalah waktu yang terbatas dan tidak akan kembali lagi. Iblis sedang bekerja luar biasa untuk mencuri waktu anak Tuhan dengan hal-hal yang sia-sia.

Kitab Mazmur 90:12 Allah mempunyai maksud dengan memberikan waktu kepada kita. Ia mempunyai rencana dengan waktu itu. Karena itu, kita harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya sesuai kehendak Allah.

Cara mengatur waktu yang baik adalah dengan belajar membuat perencanaan kegiatan adik adik selama satu hari yang dibimbing oleh Orang Tua masing masing.

Karena waktu dalam sehari ada batasnya adik adik harus menentukan prioritas, dahulukan hal hal yang yang lebih penting serta selesaikan tugas langkah demi langkah dengan teratur. Minta pimpinan Tuhan ya dalam mengerjakan setiap kegiatan, jadi harus rajin berdoa. Ingat adik adik harus belajar mengatur waktu jangan suka menunda pekerjaan atau banyak melakukan hal yang sia sia. 

Nah Adik-adik, Hari ini kita dingatkan untuk dapat mengatur waktu dengan bijak. Alkitab menasihatimu untuk mempergunakan waktu dengan baik. Ada waktu untuk belajar, ada waktu untuk bermain. Orang yang bisa menggunakan waktu dengan baik adalah orang yang bijak.Bagaimana denganmu, Adik-adik? Sudahkah kamu belajar mengatur waktumu dengan baik?

Ayo kita baca Ayat dalam Alkitab.

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90:12).

Komitmenku hari ini:

Tuhan Yesus, Mulai hari ini aku mau belajar mengatur waktu dengan baik dan tidak melakukan hal yang sia sia.

KCP – KCP