Renungan Harian Anak, Jumat 08 Januari 2021

BACAAN : GALATIA 5 : 22 – 23 & LUKAS 10 : 27

Syalom Adik Adik , Selamat Pagi dan Selamat Tahun Baru , tetap setia dan semakin semangat ya mendengarkan renungan Firman Tuhan. Nggak terasa ya , hampir 1 tahun kita belajar Firman Tuhan secara online. Tentunya sudah banyak pelajaran yang kita terima. Coba Adik Adik masih ingat nggak ? Apa saja ? Iya.. Tentang kasih , pengampunan , memberi , menolong , tentang hikmat , keberanian. Wah .. masih banyak lagi. Kalau di sekolah , setelah kita belajar selama 1 tahun , kita akan naik kelas. Begitu juga dengan rohani kita juga akan naik kelas , hari ini kita mau belajar tentang menguasai diri.

Nanti bisa baca ayatnya ya, di Galatia 5:22-23, tentang buah – buah Roh. Masih ingat Adik Adik ? Penguasaan diri adalah buah – buah Roh yang terakhir ya. Apa artinya penguasaan diri ? Ya ,

penguasaan diri artinya bebas dan berkuasa atas dirinya sendiri, bagaimana menggunakan waktunya, juga menggunakan harta / kekayaannya. Tapi, ingat sebagai Anak Tuhan yang menyerahkan hidupnya untuk sepenuhnya dipimpin Tuhan, penguasaan dirinya juga diatur dan dipimpin Tuhan.

Contoh :

1. Bagaimana menggunakan waktu ?

Adik Adik bisa bermain sepanjang hari. Ketika Adik Adik main game di hp. Wah, bisa lupa makan dan mandi. Apalagi kalau Mama tidak ada dirumah. Tidak ada yang melarang. Tapi ingat, mata Tuhan melihat. Ayo kita mau menggunakan waktu yang kita punya dengan bijak. Ada waktu untuk mendengarkan renungan harian , waktu untuk kita berdoa juga ada waktu untuk belajar. Juga ada waktu untuk membantu orang tua dan mengerjakan tugas – tugas lain dirumah.

Kalau Adik Adik mau naik kelas rohaninya, Adik Adik harus belajar bertanggung jawab menggunakan waktu , baik untuk Tuhan maupun untuk sesama.

Kita baca ayatnya dalam Lukas 10 : 27 “ Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu , dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri

Kalau Adik Adik mengasihi Tuhan pasti akan selalu rindu untuk mendengarkan Firman – Nya , juga rajin dan setia berdoa, dan Tuhan juga mau Adik Adik mengasihi sesama , Papa Mama , Adik Kakak juga orang orang disekitar kita atau saudara kita.

2. Contoh yang kedua tentang menggunakan harta , kekayaan atau uang yang Tuhan tititpkan lewat Papa Mama kita.

Adik Adik bisa beli baju , sepatu , makan enak , mainan. Apalagi semua barang bisa kita beli di online shop. Ga ada yang melarang . Uang dari Papaku , sepatu sudah punya 10 , misalnya. Tapi di online ada yang bagus lagi.  Ingat! Tuhan mau kita belajar menguasai diri , belajar mengasihi sesama. Masih banyak orang orang disekitar kita yang kekurangan, seperti anak anak di Panti Asuhan. Pernah Kakak lihat di papan  pengumunan di panti asuhan, pokok doanya ada : telur, sabun mandi, dan sebagainya. Untuk telur saja mereka harus berdoa. Adik Adik pernah berdoa untuk bisa makan telur ? Atau bersyukur walaupun hanya makan satu telur?

Nah Adik Adik , Tuhan mau kita belajar menyerahkan diri kita dipimpin Tuhan, mengasihi Tuhan yang terutama dan mengasihi sesama.

Ayat Hafalan

Amsal 16 : 32 B “ Orang yang menguasai dirinya , melebihi orang yang merebut kota”

Komitmen Kita Hari Ini :

Tuhan , aku mau menyerahkan hidupku untuk dipimpin Engkau. Ditahun yang baru ini , aku mau lebih lagi mengasihi Engkau , dan aku mau belajar peduli dengan sesama baik dirumah maupun disekitarku. Amin

SD – YC