Sabtu, 04 April 2020

Bacaan: Keluaran 2:1-11

Selamat pagi adik-adik …

Pada suatu saat ada sebuah cerita … dengarkan ya …

“Tolong… tolong! Aku lelah. Aku cape, kakiku sakit sudah bekerja seharian.” Teriakan siapa itu? Oh, itu teriakan bangsa Israel di tanah Mesir.
“Wah, kenapa, ya, mereka cape?” Adik-adik, orang-orang Israel harus bekerja keras. Mereka harus angkat batu yang berat- berat, angkat kayu besar-besar, lelah sekali. Kadang kalau mereka duduk dan tidak bekerja, para penjaga berteriak pada mereka, “Ayo, bangun! Jangan duduk! Kerja lagi!” Orang Israel sedih karena mereka dipaksa untuk kerja keras oleh orang-orang Mesir. Mereka terus-menerus berdoa, “Tuhan… tolong kami.”

Tuhan mendengar doa orang-orang Israel.

Lalu Tuhan memberikan perintah pada mereka, bahwa mereka harus membawa anak domba. Lalu anak domba ini harus dikurung supaya tidak lari. Setelah itu, anak domba ini harus diambil darahnya, lalu mereka harus mengoleskan darah itu di pintu depan rumahnya

Kemudian, bangsa Israel diminta untuk makan domba dan sayur pahit, sebagai persiapan mereka untuk melakukan sebuah perjalanan jauh. Semua bangsa Israel taat pada perintah Tuhan. Malam itu mereka tidur dengan senang hati karena mereka sudah taat pada perintah Tuhan. Esok paginya, mereka sangat senang karena Tuhan memberikan perlindungan kepada mereka. “Hore!!! Saya dan keluarga saya selamat! Terima kasih Tuhan.”

Adik-adik itu adalah kisah mengenai “ALLAH yang membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di mesir”. Melalui Musa, Tuhan memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir sehingga mereka bebas dari penderitaan di tanah Mesir. Itu semua terjadi karena mereka bersedia taat pada aturan dan Firman Tuhan yang disampaikan, mereka dapat keluar dari Mesir dengan selamat.

Adik-adik, ayo, kita berlatih untuk taat aturan.

Contoh Aturannya adalah:

  1. Gigi harus disikat
  2. Tubuh harus dibersihkan
  3. Perut harus diisi makanan dan minuman.
  4. Menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru
  5. Membereskan mainan dan membersihkan rumah

Ayo coba tanya sama mama atau papa apalagi ya aturan yang harus adik-adik taati.

Ayo, kita berlatih taat pada aturan, Tuhan senang kalau Adik-adik taat!

Adik-adik dengan bersikap taat untuk ikut aturan yang Tuhan beri atau yang orang tua kita berikan, kita membuktikan bahwa kita adalah anak Tuhan yang taat peraturan. Tuhan tidak hanya memberkati bangsa Israel, Tuhan juga mau memberkati Adik-adik, asalkan kita mengasihi Tuhan dengan taat pada aturan dalam firman-Nya.

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus aku mau belajar menjadi anak yang taat dengan mengikuti aturan yang ada.