Renungan Harian Youth, 23 April 2020

Seperti kita ketahui bersama perkembangan virus Korona (COVID-19) mempengaruhi segala aspek kehidupan kita semua, sudah hampir sebulan lebih kita menjalani masa karantina. Ada yang sudah merasa bosan dirumah, ada yang merasa kuatir, ada yang takut tertular  dll. Disisi lain kondisi perekonomianpun juga semakin sulit, kebayakan orang mulai kehilangan penghasilan, persedian makanan, kehilangan pekerjaan bahkan banyak orang yang sampai nekat melakukan kejahatan seperti saat ini tindak kriminalitas yang semakin meningkat seiring kebijakan pemerintah membebaskan para narapidana. Wah semakin complicated ya permasalahan yang dihadapi saat ini. Mulai timbul pertayaan, mulai timbul keluh kesah :

Apakah Tuhan tidak bertindak ? Apakah Tuhan tidak mengadakan mukjizat ?
Apakah Tuhan tidak menjawab setiap doa orang orang percaya ?

Wah-wah  ternyata hal ini pernah terjadi dalam AlKitab :

Suatu hari, Ada seorang yang sedang sakit, namanya Lazarus. Ia tinggal di Betania, kampung Maria dan adiknya Marta. Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya. Dan Lazarus yang sakit itu adalah saudaranya. Kedua perempuan itu mengirim kabar kepada Yesus: “Tuhan, dia yang Engkau kasihi, sakit.” Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: “Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.” (Yohanes 11 : 1 – 4)

Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah, Maka kata Marta kepada Yesus: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati, Mendengar itu maka menangislah Tuhan masygullah hatiNya,  Ya sama seperti saat ini, jika Tuhan mendengarkan setiap doa kita mungkin saudara kita , sahabat, orang tua kita tidak akan mati, pasti sudah sembuh, keadaan berjalan seperti biasa. Setelah mendengar kabar bahwa Lazarus telah mati disini Tuhan ingin menunjukan kepada para murid untuk dapat belajar percaya dan Tuhan Yesus pun membuktikan kemahakuasaannya .Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya.” Kata Yesus kepada Marta: “Saudaramu akan bangkit.”

Ada pengharapan yang diberikan Tuhan untuk kita semua yang percaya kepadanya

Kata Yesus: “Angkat batu itu!” Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: “Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati.” Jawab Yesus: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?”  Yohanes 11:39-40.

Tuhan berdoa kepada Bapa berseru Ia dengan suara keras “Lazarus, marilah ke luar! Dan Lazarus pun keluar dan bangkit dari kubur dalam keadaan terikat dan tertutup kain kafan.

Setelah melihat perbuatan ajaib Tuhan banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya (Yohanes 11: 39)

Nah sama seperti kisah diatas, apa yang kita hadapai saat ini situasi yang sangat sulit  saat ini sama seperti yang dihadapai Maria dan Martha pada saat itu, Tuhan mengajarkan kita untuk selalu sabar dan percaya kepada Nya

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Yeremia 29 : 11

Kita harus yakin dan percaya Tuhan tidak tinggal diam dengan keadaan yang kita hadapi saat ini, Suatu hari nanti Allah akan hadir dan melawat, Ia pasti datang dan membawa kelepasan! Allah akan melawat setiap umat-Nya terutama ketika ada kebutuhan yang besar, dan ketika kita sedang mengalami sebuah proses yang sulit, maka kita percaya  bahwa itu adalah saat-saat yang terbaik untuk merasakan jamahan dan lawatan Allah yang memulihkan.

Ingatlah bahwa …

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia  dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. ( 1 Korintus 10 : 13 )

Mari rekan-rekan pemuda & remaja sekalian kita belajar melihat segi positif dari setiap kejadian yang kita alami saat ini…

PERCAYALAH Tuhan tidak tinggal diam, Tuhan akan mengerjakan bagian-Nya, kerjakanlah bagian kita menurut porsi kita masing-masing.

Tuhan akan memberikan pemulihan, melawat setiap umatnya yang percaya, sehingga banyak jiwa-jiwa dan suku bangsa yang dimenangkan dan Nama Tuhan dimuliakan, Amin.

Komitmen :

Tuhan Yesus, mampukan aku untuk memiliki sikap hati yang benar, sabar dalam menanti pengenapan janji-Mu di dalam hidupku. Aku percaya waktu-Mu adalah yang terbaik bagiku 

KP – CH