Renungan Harian Youth,Rabu 13 Mei 2020

Bacaan:  Yesaya 41:10

Hai guys. Gimana kabar kalian?
Dalam hidup ini kita pasti berhadapan dengan dua pilihan, kadang pilihan itu membuat kita takut, bimbang, khawatir, atau bahkan kehilangan keyakinan pada Allah. Padahal, kalau kita tau, Allah memberi kita dua pilihan agar kita bisa memutuskan apa yang benar, yang berkenan kepada Allah, dan yang menyenangkan hati Allah.

Di dalam Yesaya 41:10

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Kita bisa tau bahwa kita punya Tuhan yang besar dan yang selalu menyertai kita dalam keadaan atau situasi apa pun. Oleh sebab itu, kita sebagai anak-anak Tuhan seharusnya tetap yakin dan berani saat kita berada dalam situasi yang menuntut kita untuk hidup seturut dengan kehendak dan Firman Allah.

Nah… Ternyata Tuhan nggak hanya menyuruh kita jangan takut aja tanpa memberi solusi. Tuhan mengajarkan kita untuk punya sikap yang berani dari cerita Alkitab berikut.

1. Berani melakukan

Untuk berani melakukan, Alkitab mengajarkan kita tentang Gideon (Hakim-Hakim 6:11) yang berani melakukan perintah Allah sehingga berhasil mengalahkan orang Midiani sebanyak 135.000 orang. Nah dari sini kita bisa tau kalau kita hanya perlu dengar-dengaran dan ikut perintah Tuhan.

So, buat kalian semua yang sekarang sedang diberi kepercayaan atau sedang mengerjakan sesuatu, cukup kerjakan itu dengan sebaik mungkin dan jangan lupa libatkan Tuhan.

2. Berani menyatakan

Nah, soal berani menyatakan ini kita bisa belajar dari Ester (Ester 5) yang berani menghadap raja dan mengatakan bahwa dia adalah seorang Yahudi yang membela Mordekai untuk menolong orang Yahudi. Nah dari kisah Ester ini kita tau bahwa dia tetap menyatakan apa yang benar, walaupun itu menjadi ancaman untuk dia.

So guys apapun keadaan kalian tetaplah bersikap jujur, kalian harus tetap menyatakan kebenaran.

3. Berani memutuskan

Berani memutuskan mungkin adalah tantangan yang paling sulit karena selalu ada dua pilihan dan selalu ada risiko dari dua pilihan itu. But, kita bisa belajar dari Daniel (Daniel 6) yang berani memutuskan untuk tetap berdoa kepada Allah Israel walaupun ada risiko yang harus dia tanggung. Well, ini bukan hal yang mudah kan?

Nah kalau sekarang ini kalian berada di titik itu, kalian punya dua pilihan, tetap putuskan pilihan yang benar dan sesuai firman Allah.

Nah, teman-teman… dari semua cerita Alkitab itu kita bisa tau kalau ternyata saat kita menjadi orang yang berani, Tuhan Yesus selalu ada bersama kita. Mungkin ada risiko yang kita terima secara daging, tapi percayalah kalau Tuhan nggak pernah tinggal diam ketika kalian menjadi pahlawan Allah yang berani.

Komitmenku hari ini:

Saat aku berada di antara dua pilihan yang membuatku bingung, aku akan berani melakukan, menyatakan, dan memutuskan apa yang benar sesuai firman Allah karena aku tau Tuhan memegang kendali hidupku.

GE – MLE