Renungan Harian Anak, Selasa 04 Agustus 2020

Syalom … adik-adik semuanya, harus semangat semuanya ya … juga semangat untuk diberkati oleh renungan Firman Tuhan hari ini.

Adik-adik hari ini kita akan belajar bersama-sama dari kehidupan tokoh Alkitab yang bernama Timotius.

Timotius adalah seorang hamba Tuhan yang masih muda. Ia dikenal karena ketekunannya untuk setia melayani Tuhan. Ketekunan inilah yang dipuji Paulus, karena meskipun dia ini masih muda, namun ia memiliki semangat yang kuat untuk melayani Tuhan. Timotius menjaga hubungannya dengan Tuhan dengan tetap rajin berdoa dan membaca firman Tuhan. Rasul Paulus membekali Timotius dengan nasehat-nasehat dan juga pengalaman dalam pemberitaan Injil.

Adik-adik hari  ini firman Tuhan diambil dari 2 Timotius 2 : 8–13.

Dari kecil, Timotius sudah diajarkan tentang Tuhan Yesus oleh mama dan neneknya. Dan cerita tentang Tuhan Yesus tersebut membuat Timotius semakin mencintai Tuhan Yesus dan menjadi seorang anak yang taat dan ingin memberitakan firman Tuhan bagi setiap orang yang ada di sekelilingnya.

Paulus dan Timotius

Di sekolah, kalian pasti punya guru kan? Ada ibu guru, ada bapak guru. Nah, Timotius juga punya guru. Namanya Paulus. Bapak Paulus ini sering mengirimkan surat kepada sahabat-sahabatnya. Suatu ketika, bapak Paulus mengirimkan surat kepada Timotius, surat itu adalah suratnya yang terakhir. Isi surat tersebut adalah untuk memberi dorongan kepada Timotius dalam memberitakan firman.

Jauh sebelum Timotius mengenal bapak Paulus, Timotius telah mengenal Tuhan Yesus lewat Ibu dan Neneknya. Dan Timotius sangat terkesan dengan Tuhan Yesus dan ingin membalas kebaikan Tuhan Yesus dengan memberitakan Firman Tuhan kepada semua orang.

Bapak Paulus dan Timotius selalu mengajarkan Firman Tuhan kepada orang-orang. Inti dari Firman tersebut adalah tentang Yesus Kristus yang telah lahir untuk menebus dosa manusia dengan cara mati di kayu salib, bangkit dan naik ke surga untuk menyediakan tempat bagi orang yang percaya kepadaNya.

Nah adik-adik, ketika bapak Paulus memberitakan firman Tuhan, banyak orang yang tidak senang akan perbuatannya itu. Bapak Paulus dihina, menderita bahkan dipenjara karena memberitakan firman Tuhan. Tapi, bapak Paulus tidak takut, malah bapak Paulus sabar dan selalu berdoa kepada Tuhan serta taat kepadaNya. Kenapa ya bapak Paulus bisa seperti itu? Naah, adik-adik coba baca di ayat 11 – 13.

2 Timotius 2:9-10 Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Allah tidak terbelenggu.Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.

Ayat 13 “ … Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.” Karena Tuhan telah setia kepada kita, maka kita juga harus setia kepadaNya. Ya adik-adik, Tuhan Yesus menginginkan kita utk selalu setia pada Nya dan tidak menyangkal Dia. Kita tidak perlu takut dan malu mengakui bahwa kita adalah orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Lakukankanlah perbuatan yang baik, bukan perbuatan yang salah yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan seperti marah-marah, bersungut-sungut, putus asa, tidak rajin berdoa, malas belajar, nyontek, melawan papa dan mama, malas beribadah dll.

Adik-adik Tuhan Yesus sudah memberikan Roh Kudus untuk membantu kita dan memberikan kita kekuatan kepada kita untuk dimampukan melakukan perbuatan-perbuatan yang disukai Tuhan. Oleh karena itu, sebagai anak Tuhan, adik-adik harus berani untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik. Jangan takut diejek karena berbuat baik,  Dari perbuatan-perbuatan baik itu, adik-adik telah SETIA kepada Tuhan dan melakukan perbuatan-perbuatan yang luar biasa.

Dan yang terpenting adalah, INGAT: Tuhan Yesus ingin agar kita selalu setia kepada Nya. Karena Tuhan Yesus telah setia kepada kita.

Ayo kita  membaca Ayat Hafalan kita hari ini :

Lukas 8: 15 “Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan.”

Komitmenku hari ini :

Aku mau belajar untuk selalu berbuat baik sesuai dengan kehendak Tuhan dan mau untuk belajar setia kepada Tuhan dengan melakukan Firman Tuhan.

TW – SP