Renungan Harian Anak, Jumat 04 Desember 2020

Matius 28:11-15

Selamat pagi adik-adik, selamat memasuki hari yang baru dan selamat menikmati kembali renungan hari ini, bagaimana adik-adik sudah siap?

Adik-adik sebelumnya kakak mau bertanya apa adik-adik pernah berbohong? berbohong itu menyatakan sesuatu yang tidak benar. Atau adik-adik pernah dengar istilah “HOAX” hmmm… pasti pernah kan, ditelevisi banyak dibahas tentang HOAX. Hoax itu apa sih? Hoax itu artinya adalah berita bohong. Adik-adik gara-gara hoax ada banyak masalah yang terjadi, kerusuhan bahkan hal-hal yang jahat lainnya.

Nah seperti renungan hari ini, didalam Matius 28:11 -15 ternyata ada kisah mengenai “Hoax” atau berita bohong. Diceritakan dimana setelah Tuhan Yesus mati, Ia dikuburkan tetapi pada hari yang ketiga Tuhan Yesus bangkit kembali. Para penjaga kubur segera memberitahukan segala sesuatu yang terjadi kepada para Imam kepala. Karena takut, para imam dan pemimpin Yahudi menyuruh dan membayar para prajurit yang menjaga kubur untuk berbohong. Mereka disuruh mengatakan bahwa Tuhan Yesus tidak bangkit melainkan mayatnya hilang karena dicuri murid-muridnya pada malaam hari. Para imam kepala juga akan menyampaikan kabar itu kepada Wali negeri pada waktu itu. Akibatnya adik-adik kabar kebohongan itu dipercayai banyak orang, banyak orang malah percaya bahwa Tuhan Yesus tidak bangkit tetapi dicuri oleh murid-muridNya.

Adik-adik yang dikasihi Tuhan Yesus bukankah Tuhan mengajarkan kita harus berkata yang sebenarnya dan harus berkata jujur?  Seandainya adik-adik disuruh untuk berbohong kira-kira adik-adik mau tidak ya…? Nah! Sekali lagi kita di ingatkan kembali melalui renungan hari ini bahwa kita tidak boleh bercerita kebohongan seperti yang dinyatakan dalam

Keluaran 23:1 Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah Engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi Saksi yang tidak benar.    

Biasanya kan kalo ada teman kita yang bersalah dan meminta kita untuk tidak menceritakan kepada orang tuanya atau guru, atau adik-adik disuruh mengatakan hal yang lain yang tidak benar … wah disini adik-adik harus belajar untuk bercerita jujur ya supaya teman kita juga bisa berubah dan tidak melakukan kesalahannya lagi.

Ayat hafalan hari ini

Matius 5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Komitmenku hari ini :

Aku mau belajar untuk berkata jujur, bercerita dengan jujur karena kebohongan adalah tindakan yang salah dihadapan Tuhan

YF – YC