Renungan Harian Anak, Kamis 09 Juli 2020

Ayat bacaan Alkitab : Kisah Para Rasul 12 : 1 – 10

Shalooommm adik-adik semua, apa kabarnya hari ini? Kakak harap adik-adik semua tetap setia merenungkan Firman Tuhan ya…karena Firman Tuhan yang terus mengajar adik-adik untuk hidup benar dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Nah adik – adik, kakak mau tanya dulu ya… siapa yang rajin berdoa ? Puji Tuhan… banyak yang rajin berdoa ya… sekarang kita simak cerita tentang keluarga Dodi ya…

Malam itu Papa, Mama dan Dodi sedang berdoa bersama di ruang tamu. Mereka bergantian berdoa. Selesai berdoa, Dodi bertanya, “ pa, apa sih berdoa syafaat itu ?” Papa menjawab, “ Dodi, doa syafaat adalah saat kita berdoa untuk orang lain. Kita mendoakan bangsa dan negara, mendoakan orang-orang yang kelaparan, mendoakan umat beragama lain. Atau seperti tadi kita berdoa untuk orang-orang yang sedang berjuang menghadapi sakit kanker, sakit karena covid 19, atau bagi orang yang baru di tinggalkan orang yang dikasihinya”. Dodi menggangguk-angguk pertanda mengerti.” Tuhan ingin kita berdoa untuk orang lain, Dodi.” Kata papanya lagi.

Adik-adik, sama dengan cerita yang terjadi pada rasul Petrus. Pada waktu itu rasul Petrus ditangkap oleh raja Herodes, karena terus memberitakan injil. Petrus dipenjara dengan tangan dan kakinya dirantai. Enam belas tentara pun berjaga-jaga untuk memastikan Petrus suapaya tidak lari. Waktu jemaat yang ada mendengar kabar kalau rasul Petrus dipenjara, merekapun berkumpul Bersama kemudian dengan tekun berdoa untuk keselamatan Petrus.  Walupun pada waktu itu keadaan jemaat juga mengalami tantangan dari Raja Herodes, tetapi mereka tetap mau berdoa besama-sama.

Kisah Rasul 12:5  Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah.

Dan kemudian apa yang terjadi setelah itu adik-adik?

Pada malam itu, Allah mengutus malaikat untuk melepaskan Petrus. Rantai yang mengikat tangan dan kaki Petrus terlepas dengan sendirinya dan pintu-pintu penjara terbuka. Waaahhh… luar biasa ya karya Tuhan, Allah telah menyelamatkan Petrus.

Adik–adik, setiap kali kita berdoa, apakah adik-adik ingat untuk mendoakan teman-teman dan orang lain? Nah adik-adik juga bisa berdoa syafaat, berdoa untuk orang lain, memohon dengan kesungguhan hati supaya Tuhan menolong mereka.

Adik-adik bisa mendoakan temam, guru, tetangga, saudara, gereja, dan sebagainya. Bahkan adik-adik juga harus berdoa bagi bangsa dan negara kita, supaya Tuhan pulihkan dari pandemic covid 19 ini. Doakan buat tenaga medis yang melayani para pasien yang terkena covid.

Adik-adik juga bisa mengajak papa dan mama, kakak atau adik untuk berdoa Bersama-sama, percayalah bahwa Tuhan akan selalu mendengarkan doa adik-adik dan dengan caraNya, Tuhan akan menolong orang-orang yang adik-adik doakan.

Ayat hafalan :

Matius 18: 20 “ sebab dimana dua atau tiga orang berkumpul dalam namaKU, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka”

RS – YC