Renungan Harian Kamis, 15 Oktober 2020

Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga.”Kisah Rasul 17:28

Apakah Anda penggemar sepak bola? Banyak pertandingan sepak bola yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja, apakah itu liga Inggris, liga Italia, liga Spanyol bahkan liga Indonesia, pasti menyuguhkan hal-hal menarik dalam setiap pertandingan dari para pemainnya. Dalam pertandingan sepak bola, kita sering sulit mengikuti pergerakan pemain pada saat mereka menggiring bola dengan cepat untuk mencapai tujuannya, yaitu membuat gol ke gawang lawan. Namun setiap pergerakan yang ada dari para pemain memberikan sebuah tontonan yang sangat menarik.

Begitu juga dalam kehidupan kekristenan, kita juga ada dan masuk dalam perlombaan yang harus kita menangkan. Kita tidak boleh berhenti dan hanya diam, tetapi kita harus terus bergerak mengikuti kegerakan Allah. Kita tidak boleh hanya menjadi penonton saja, tetapi kita harus ambil bagian dalam kegerakan Allah tersebut, sebab kalau kita hanya sekedar tahu, kita akan rugi dan bisa tertinggal oleh orang lain.

Tuhan memanggil kita ikut ambil bagian dalam setiap kegerakan Allah dan berkarya bagi Allah sehingga hidup kekristenan kita terus bergerak dan tidak jadi monoton.   

Kehidupan orang kristen bukan kehidupan yang statis atau diam, tetapi harus selalu dinamis sampai kemuliaan Allah dinyatakan di bumi ini. Tanggalkan segala beban yang menghalangi dan merintangi untuk kita melangkah agar hidup kekristenan kita dapat maksimal karena Allah memberikan kepada kita masing-masing kemampuan yang khusus.

Ibrani 12:1-2 marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita…Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan,

Mengapa sebagai orang kristen kita tidak boleh statis/Diam?

1. Karena Allah kita adalah Allah yang bergerak.

Allah selalu berkarya dalam hidup kita dan karya-Nya selalu baru. Oleh karena itu kita juga terus bergerak, apakah itu dalam melayani Tuhan ataupun berkarya bagi Tuhan.

Yohanes 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga.”

2. Karena Tuhan ingin kehidupan ini boleh dipakai-Nya dan menjadi berkat bagi banyak orang. 

Saudara, jika hidup kita tidak bergerak atau statis saja dan hanya hidup untuk diri sendiri, maka kehidupan kita tidak akan menjadi terang dan tidak akan menjadi berkat bagi orang lain. Allah rindu supaya kita menjadi berkat bagi orang lain.

Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Saat ini, ada banyak ladang pelayanan yang disediakan Tuhan bagi kita, mari kita ambil bagian. Pelayanan apa pun yang dapat kita lakukan untuk Tuhan, mari kita kerjakan dengan tulus dan sungguh-sungguh. Mari kita maksimalkan segala potensi yang sudah diberikan Allah bagi kita. Jangan pernah berhenti! Jangan hanya diam! Mari kita ikut kegerakan Tuhan dengan tujuan untuk memuliakan nama-Nya. Amin.

Percayalah bahwa Roh Kudus akan terus menuntun setiap kita untuk terus bekerja dan melakukan kehendak Tuhan. Yang harus ada dalam kehidupan kita adalah kesediaan untuk mau dituntun dan hidup dalam ketaatan kepada perintah Tuhan dan setiap karya ROh Kudus dalam kehidupan kita.

Teruslah bergerak bersama Tuhan, karena Tuhan mau menunjukkan perkara-perkara dahsyat melalui kehidupan kita.

Tuhan memberkati.

DS