Renungan Harian Anak, Jumat 09 Oktober 2020

Hai Adik adik semua. Semua sehat hari ini? Sudah mandi belum? sudah makan belum? Semoga semua tetap bersukacita dan selalu mengucap syukur.

Sebelum kita membaca dan mendengarkan cerita Firman Tuhan hari ini mari kita berdoa dahulu.

Adik-adik, kakak mau tanya nih, Adik adik pernah tidak tiba tiba suka melamun dan punya pikiran yang negatif. Contohnya Kok papa mama pergi ya aku dirumah sendiri nanti kalau ada orang jahat bagaimana atau kok aku tidak bisa belajar berhitung ya pasti aku dimarahi Bu Guru kalau aku tidak naik kelas bagaimana. Wah masih banyak lagi ya adik adik pikiran negatif kita. Kakak beritahu ya.. Tuhan menciptakan makhluk hidup untuk mengisi Bumi yaitu hewan, tumbuhan, dan manusia. Namun, dari ketiganya, hanya manusia yang diberikan pikiran. Pikiran menjadi suatu anugerah bagi manusia yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tuhan tidak menciptakan manusia sebagai robot yang kaku.

Manusia memiliki pilihan untuk melakukan berbagai kehendak, termasuk dalam berpikir. Ada dua jenis pikiran: pikiran positif dan pikiran negatif.

Pikiran positif tentu memberikan pengaruh yang baik bagi kehidupan kita. Pikiran positif memberikan semangat dan rasa optimis untuk menjalani kehidupan kita.

Sebaliknya, pikiran negatif memberikan pengaruh yang buruk. Pikiran negatif hanya menyediakan rasa pesimis dan malas dalam menjalani hidup. Kemanapun kita pergi, dimanapun kita berada, pikiran negatif itu akan selalu datang.

Tapi sebagai anak anak Tuhan apakah kita boleh berpikir negatif? Boleh tidak ya? Jawabannya tidak boleh ya adik adik. Kalau kita punya pikiran yang negatif maka kita jadi anak yang pemalas loh, malas untuk belajar contohnya sudahlah aku memang tidak bisa pelajaran berhitung jadi aku tidak perlu belajar berhitung, pasti nilaiku nanti jelek. Contoh lagi ini, kalau kita punya pikiran yang negatif maka kita jadi anak yang penakut juga karena kita selalu memikirkan hal hal membuat diri kita menjadi takut. Adik adik harus ingat bahwa kita ini anak Tuhan Yesus, anak anak yang sangat dikasihi Tuhan. Tuhan yang memberikan akal budi kepada kita semua dan Tuhan yang melindungi kita. Jadi kita harus percaya bahwa kita punya Tuhan yang sangat baik dan selalu menolong kita. Firman Tuhan berkata:

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan , Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” – Ulangan 31:6

Ayo mulai hari ini belajar untuk selalu berpikir positif agar kita menjadi anak anak yang selalu optimis, bahagia dan pemberani. Kita punya Tuhan yang Hebat loh, anak Tuhan tidak boleh berpikir negatif harus selalu berpikir positif.

Tuhan yang memberikan akal budi kepandaian buat adik adik semua, Kalau adik adik menghadapi ketakutan atau mulai ada pikiran negatif segeralah berdoa minta pertolongan Tuhan ya pasti Tuhan melong kita semua.

Ayo kita baca Ayat Hafalan hari ini.

Yesaya 41:13 Sebab Aku ini, Tuhan, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.” 

Komitmenku hari ini:

Tuhan Yesus, Mulai hari ini aku mau selalu berpikir positif karena aku percaya Tuhan selalu menolong aku.

KCP – YC