Renungan Harian Sabtu, 09 Mei 2020

Roma 12:12
“Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa !”

Ketika kita berada dalam kondisi yang tidak menguntungkan, seperti situasi sekarang, dimungkinkan seseorang atau kebanyakan orang berada dalam kekalutan, ketakutan dan kekuatiran. Dampak virus corona yang melada bangsa kita bahkan dunia, membuat ribuan bahkan hingga jutaan orang kehilangan pekerjaan, banyak perusahan yang berhenti beroperasi, pedagang, peternak banyak yang merugi. Keadaan seperti ini  membuat kita sebagai anak-anak Tuhan mulai tawar hati dan kehilangan pengharapan.

Karena itulah sebagai anak-anak Tuhan kita harus memiliki Firman Tuhan yang menjadi dasar yang kokoh dalam kehidupan kita

Rasul Paulus memberikan nasehat  untuk tetap bersukacita dalam pengharapan, dengan alasan:

1. Dengan memiliki pengharapan kita akan tetap optimis menjalani kehidupan ini.

Pengharapan kita bukan kepada apa yang tidak pasti, tetapi kepada Firman dan Janji Tuhan yang pasti digenapi. Milikilah pengharapan didalam Tuhan yang akan melahirkan optimisme yaitu semangat karena percaya.

 “Kebangkrutan terburuk dalam kehidupan ini ketika kita kehilangan pengharapan” Oprah Winfrey mengatakan hidup harus optimis.

” jika anda ingin menyelesaikan tujuan anda, anda perlu memulai dengan semangat”

2. Pengharapan menjadikan hidup penuh damai.

Roma 15 :13
Semoga Allah sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Janganlah kita sampai kehilangan pengharapan, karena dengan pengharapan kita memiliki masa depan, dengan pengharapan ada kepastian. Dan yang penting adalah jangan sampai salah kepada siapa pengharapan kita.

Pengharapan yang pasti hanya kepada  Tuhan Yesus, Sang sumber pengharapan.

Roma 5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Marcus Tullius Cicero mengatakan “

hidup dan harapan selalu sejalan, hidup tanpa pengharapan adalah kehidupan yang gelap tiada cahaya”

Mari jemaat Tuhan, Bersukacitalah didalam Pengaharapan yang sejati … percayalah akan setiap penyertaan Tuhan sepanjang hari ini. Tuhan Yesus Memberkati

BoW