Renungan Harian Anak, Kamis 28 Januari 2021

Daniel 6:1-29

Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan Yesus, selamat membaca serta mendengarkan renungan hari ini dan tetap semangat ya …

Hari ini kakak akan membawakan renungan dengan tema Bertumbuh meskipun terhimpit.

Renungan kita hari ini terdapat didalam Daniel 6:1-29 menceritakan tentang seorang raja yang bernama Darius, untuk membantu pekerjaan raja, Dia memilih seratus dua puluh penguasa untuk memerintah berbagai daerah yang dipimpinnya. Raja tahu bahwa Bapak Daniel adalah pejabat yang paling baik dari semua pegawainya, itulah sebabnya raja berencana mengangkat Bapak Daniel menjadi wakilnya. Tetapi para penguasa yang lain iri kepada Bapak Daniel sehingga mereka mencari-cari cara untuk menyingkirkan Bapak Daniel, mereka menghimpit bapak Daniel dengan mencari cari kesalahan bapak Daniel supaya bapak Daniel tidak sisukai Raja. Tetapi karena Daniel adalah orang yang takut akan Tuhan,  dia melakukan yang benar dalam hidupnya dan tugasnya sehingga tidak didapati kesalahan apapun.

Namun ada satu yang berbeda, yaitu Bapak Daniel adalah orang yang taat dan rajin beribadah kepada Allah Israel, walaupun saat itu dia bangsa Israel sedang mengalami pembuangan ternyata Bapak Daniel tidak pernah lupa kepada Tuhan, Dia berdoa setiap hari kepada Allah.

Untuk menjebak Daniel Kemudian para penguasa lain meminta agar raja membuat peraturan, isi peraturannya adalah melarang siapapun berdoa kepada allahnya kecuali kepada raja, jikalau melanggar perintah tersebut harus dimasukan kedalam gua singa. Adik-adik, Bapak Daniel memilih untuk tetap berdoa kepada Tuhan,Bapak daniel tidak takut kepada mereka, bahkan bapak Daniel semakin hari semakin rajin berdoa dan semakin bertumbuh imannya kepada TUhan, karena bapak Daniel percaya hanya dekat kepada Allah saja ia mendapatkan pertolongan dan perlindungan. Karena bapak daniel tetap berdoa kepada Tuhan maka bapak daniel dimasukan kedalam gua singa. Selama satu malam Raja Darius tidak makan,tidak bisa tidur,raja ingin segera pagi supaya raja bisa bertemu Daniel.Ternyata ke esokan harinya ketika Raja  memanggil bapak Daniel “Daniel… Daniel….” Adik-adik bapak Daniel menjawab dari dalam Gua “Ya Tuanku Raja” Wah Hati raja senang ternyata bapak Daniel masih hidup. Kemudian Raja menghukum orang-orang yang menjebak Daniel

Nah ! adik-adik kita akan belajar dari bapak daniel ya… meskipun bapak daniel dilarang berdoa kepada Allahnya, dicari-cari kesalahnya namun bapak Daniel tetap setia kepada Tuhan,semakin hari-semakin rajin berdoa kepada Tuhan.

Ayo belajar dari bapak Daniel yang tidak mau mengorbankan kesetiaannya kepada Allah demi hal-hal yang lain.

Adik-adik saat pandemi ini seolah-olah kita semua dibatasi sehingga kita tidak bebas beraktivitas seperti dahulu, salah satunya adalah Ibadah. Kita tidak bisa bertemu secara langsung tetapi adik-adik tidak boleh kehilangan semangat untuk beribadah, puji Tuhan dengan teknologi kita masih bisa ibadah online. Ayo adik-adik ga boleh melewatkan kesempatan untuk beribadah ya walaupun masih online, dan juga setiap hari ada renungan harian, ayo adik-adik juga harus sungguh-sungguh tidak usah menunggu dipaksa orang tua untuk mendengarkannya tetapi adik-adik dengan sukacita mau untuk belajar Firman Tuhan.

Ayo kita baca ayat hafalan kita hari ini

2 Petrus 3:18a  Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan juruselamat kita.

Komitmenku hari ini

Aku mau untuk terus belajar tetap setia untuk berdoa dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari supaya aku bertumbuh didalam Tuhan, walaupun susah dan terhimpit tetapi tetap bertumbuh.

YF – RS