Renungan harian Youth, Sabtu 21 November 2020

Bahan Bacaan : Hakim-hakim 6: 7-16

Syalooom… selamat pagi teman- teman rekan-rekan semuanya. Apa kabarnya hari ini? Semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Krisis yang menghinggapi banyak orang, terutama muda mudi, adalah citra diri. Mereka mencoba mencari identitas dengan melakukan yang aneh-aneh. Misalnya memakai pakaian yang tidak lazim, atau menggunakan anting dibagian tubuh yang lain, bukan ditelinga. Dan krisis ini juga melanda gereja Tuhan.  

Seorang anak muda yang ada didalam Alkitab mempunyai konsep yang salah tentang dirinya sendiri. Dia adalah Gideon. Ketika malaikat Allah berkata kepada Gideon, “Tuhan menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.” Gideon tidak merespon dengan berkata memang demikian, tetapi sebaliknya. Gideon adalah seorang yang penakut, seorang yang ragu-ragu, seorang yang tidak percaya diri, itulah Gideon. Seorang yang berasal dari kaum yang kecil, seorang yang biasa, yang kemudian di pakai Tuhan menjadi alat-Nya yang luar biasa.

Bagaimana Gideon, seorang yang biasa dapat dipakai Tuhan menjadi luar biasa?

Pertama, Tuhan memakai orang yang rajin dan suka bekerja.

Panggilan Allah ini tidak datang pada orang yang lagi duduk-duduk, atau orang yang diberi pelatihan khusus. Tetapi panggilan Allah ini datang kepada seorang petani biasa yang sedang menggirik gandum sambal berusaha menyembunyikan dirinya dari orang Midian. Firman Tuhan berkata,”Manusia melihat apa yang didepan mata, Tetapi Tuhan melihat hati.” (I Sam 16:7). Jadi Allah memanggil Gideon sebagai “pahlawan yang gagah berani”. Seorang yang rajin bekerja dan mempunyai hati yang mengasihi Tuhan.

Kedua, Tuhan menyertai Gideon. Penyertaan Tuhan sangatlah penting dalam kehidupan orang percaya.

Dalam ayat ke 12, firman Tuhan mengatakan bahwa Tuhan menyertai Gideon, dan Gideon percaya akan penyertaan Tuhan, dengan meminta tanda yang dari Tuhan. Ketika Gideon mengumulkan 32 ribu pasukan untuk berperang melawan bangsa Midian, jumlah tersebut masih terlalu banyak dimata Tuhan, sehingga diadakan seleksi demi seleksi. Dan akhirnya didapati 300 orang prajurit yang terpilih bersama Gideon untuk melawan orang Filistin. Tuhan ingin Gideon melihat dan mengalami penyertaan Tuhan yang sempurna. Secaara logika, prajurit yang hanya 300 orang tersebut, mustahil untuk mengalahkan orang Midian yang ratusan ribu banyaknya, tetapi disini kita dapat melihat kuasa Tuhan yang bekerja lewat Gideon. Roma 8:31 mengatakan, jika Allah dipihak kita siapakah yang akan melawan kita?

Gideon percaya akan penyertaan Tuhan dalam hidupnya, dimana Tuhan mengutus ia untuk membebaskan bangsanya dari tangan orang-orang Midian. Tuhan memulihkan keadaan Gideon, sehingga ia mempunyai konsep diri yang benar didalam Tuhan. Gideon merespon penyertaan Tuhan dengan ketaatan.

Mari kita belajar lewat kisah Gideon pada kitab haim-hakim ini. Ketika kita tidak malas dan mau mengerjakan tanggung jawab kita masing-masing, serta kita juga percaya akan penyertaan Tuhan yang luar biasa dalam kehidupan kita.

Maka Allah kita yang Besar, akan memakai kita orang-orang yang biasa untuk rencana-Nya yang luar biasa.

Oleh sebab itu, tetap percaya dan taat didalam Tuhan. Tuhan Yesus memberkati!

Komitmenku hari ini

Aku percaya kebesaran Tuhan dalam kehidupanku, dengan segala keterbatasanku aku akan terus berusaha melakukan yang terbaik karena Tuhan yang akan menyempurnakan semuanya menjadi luar biasa

MW – AdS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah

Y-O-L-O” (You Only Life Once)

pasti menarik ya, kita akan membahas bagaimana sikap kita menjalani kehidupan ini, yang memang hanya sekali kita jalani, bagaimana kita bisa menjadi anak Tuhan yang tidak banyak kehilangan kesempatan dalam kehidupan ini.

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah sudah bisa digedung gereja jam 06.00 pagi, namun bagi yang mau ibadah dirumah saja tetap ikuti Online besok jam 07.00 dan Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube Elohim ministry.