Renungan Harian Anak, Jumat 11 September 2020

Syallom adik‐adik yang dikasihi Tuhan Yesus, bagaimana kabarnya?? Tepat semangat sekolahnya walaupun dirumah yah, tetap rajin berdoa dan membaca firman Tuhan dan dengar renungan ya.

Adik-adik ada sebuah info nih …

Pada tahun 2008 hasil survey di negara amerika, menyatakan bahwa ada lebih dari 1.000 orang terluka akibat penggunaan ponsel (telepon seluler/HP). Kebanyakan mereka terluka/celaka akibat mengunakan ponsel saat berjalan, mengemudi atau mengendarai motor, Angka tersebut naik 2x lipat dari tahun 2007.

Dan adik-adik tahu bahwa sudah lebih dari 10 tahun dari penelitian tersebut, dan data tersebut masih bertambah naik loh adik‐ adik, hal ini dikarenakan kita semua mulai “kecanduan” handphone/ponsel. Bayangkan mulai anak balita, TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa, pekerja sampai kakek nenekpun hari ini sangat asyik bermain HP loh. Apalagi di kondisi pandemi seperti ini, untuk mengobati kangen dengan teman‐teman, saudara kita bisa betah berlama‐malam bermain HP.

Nah kalo tidak disadari … Handphone telah membuat kita “kecanduan” dan menjadikan HP sebagai berhala, dan kita mulai melupakan Tuhan, mulai melupakan persekutuan kita dengan Tuhan Yesus, berdoa dan membaca alkitabpun dilupakan.

Buat maen Handphone berjam-jam rasanya ga kerasa, eh giliran buat denger renungan atau baca Alkitab rasanya lamaa banget. Nah adik-adik, kakak mau mengingatkan kita harus bijaksana waktu bermain Handphone. Tidak salah kalo kita bermain Handphone, tetapi yang salah kalo kita melebihi batas, sampai lupa dengan yang lain, lupa belajar, lupa untuk makan, lupa untuk membantu orang tua dan banyak hal yang lain.

Nah yuk kita mau dengar apa nasehat dari Firman Tuhan.

Di Efesus 5:15 dikatakan bahwa “ karena itu perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif”

Firman Tuhan menasihatkan kepada kita, supaya kita memperhatikan hidup kita, supaya kita tidak menjadi orang bebal, tetapi kita menjadi semakin bijaksana. Orang bebal itu adalah orang yang tidak bisa diingatkan, semaunya sendiri.  Seseorang akan dikatakan bebal kalau sudah mengetahui bermain HP ketika mengemudikan motor/berjalah sangat berbahaya, tapi mereka tetap melakukannya. Atau melupakan waktu untuk membaca firman Tuhan dan berdoa dengan sibuk bermain HP semalaman. Selain itu bermain HP terlalu lama juga tidak baik buat Kesehatan mata dan otak kita

Adik‐adik Tuhan Yesus tidak mau kita menjadi orang bebal, Tuhan Yesus ingin kita menjadi anak‐ anakNya yang arif/bijaksana, dimana kita tetap ingat waktu, ingat dampak berbahaya dari penggunaan HP.

Ayuk adik‐adik mulai saat ini, adik‐adik mulai atur waktu dalam bermain HP yah, masih banyak hal‐ hal lain yang lebih mengasyikkan daripada lama bermain HP, kita bisa bermain bersama orang tua, adik, kakak, atau melakukan aktifitas seperti menggambar, belajar alat musik. Tuhan Yesus memberkati

Ayat hafalan:

Efesus 5: 15 karena itu perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif.

Komitmenku hari ini :

Aku mau belajar jadi anak yang bijaksana, dengan mengatur waktu saat bermain Handphone, ada banyak hal positif yang bisa aku lakukan.

GH – YC