Renungan Harian, Selasa 02 Juni 2020

1 KORINTUS 10:23-24

Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. Jangan seorang pun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali bertemu dengan keadaan yang mempertanyakan boleh atau tidak. Kita perlu mempertimbangkan dengan baik pilihan-pilihan yang harus dilakukan atau dipilih. Paulus menggambarkan sebuah kebebasan dengan kata “Segala sesuatu diperbolehkan” tetapi juga memberikan sebuah batasan yang penting.

Dalam bacaan kita hari ini, Rasul Paulus sedang menasehati kita untuk berhati -hati dan bijaksana dalam menggunakan kebebasan hidup yg Tuhan anugerahkan pada kita supaya bisa memuliakan Allah.

BAGAIMANA CARANYA :

1. APAKAH YANG KITA LAKUKAN ITU BERGUNA (Ayat 23)

Kata berguna yg dimaksud oleh Paulus memiliki makna sesuatu yang manfaatnya dapat dirasakan  secara bersama sama oleh semua pihak. Banyak orang percaya yg melakukan segala sesuatu dengan prinsip “yang aku senang melakukannya” tanpa memperdulikan atau memikirkan dampak yang akan terjadi akibat perbuatan kita. Ingatlah bahwa Tuhan mau setiap kita menjadi alat pembebas  yang efektif dan bukannya menjadi alat peluka.

2.APAKAH YG KITA LAKUKAN ITU MEMBANGUN? (ayat 23b)

Kata membangun yang dimaksud oleh paulus memiliki makna menguatkan, memulihkan, memperbaiki, memberikan pertumbuhan agar menjadi bijaksana, penyayang kudus dan berlimpah anugerah. Betapa luar biasanya makna  dari sebuah kata “Membangun” itu.

Melengkapi kata “Berguna” diatas, prinsip membangun menjadi bagian yang sangat penting.

Saudara2 sering kali kita tidak memikirkan sejauh mana dampak  dari pebuatan atau perkataan kita. Kita hanya sekedar  mengeluarkannya begitu saja tanpa pertimbangam yang matang, Tuhan mau memastikan bahwa setiap perkataan atau tindakan yg kita lakukan selain membangun diri sendiri, juga harus membangun orang lain.

Prinsip “Berguna” dan “Membangun” adalah batasan penting didalam Kebebasan kita.

Prinsip diatas dapat digunakan dalam segala pilihan yang harus kita ambil, jadilah bijaksana dalam segala hal yang kita lakukan, filter dengan 2 kata diatas apakah itu berguna dan itu membangun ?

EW