Mengatasi_Kebosanan

Renungan Harian Youth, 05 September 2020

Selamat pagi teman-teman Elohim Youth yang dikasihi Tuhan…Semoga kalian sedang tidak merasa bosan ya… Atau kalian dalam keadaan jenuh??Ya..kita semua pasti pernah merasakan kebosanan atau kejenuhan. Bosan dengan segala bentuk rutinitas yang ada dan harus dihadapi setiap harinya. Kejenuhan dengan rutinitas sekolah dan rutinitas kerja.  Bila perasaan bosan / jenuh tidak diselesaikan dengan benar, maka dapat memicu depresi, pesimis, dan hilangnya semangat. Berpengaruh juga pada kehidupan rohani kita.

Dalam Ayub 10:1 dikatakan “Aku telah bosan hidup, aku hendak melampiaskan keluhanku, aku hendak berbicara dalam kepahitan jiwaku”.

Dalam pasal ini, Ayub terus berkeluh kesah tentang perasaannya. Ayub merasa diperlakukan tidak adil dalam hidupnya. Kekayaannya yang habis tidak bersisa. Anak-anak yang pergi untuk selamanya. Ditinggalkan istri dan para sahabat. Ayub telah lelah dengan keadaan tubuhnya yang sakit, seolah-olah penyakitnya itu tidak dapat disembuhkan lagi sampai akhir hayatnya. Tetapi sekalipun Ayub merasa bahwa Allah sudah tidak sayang lagi kepada dirinya, Ayub tetap percaya kepada Allahnya. Dan terus bergumul dengan Allah supaya ada jalan keluar dari masalah yang dihadapinya.

Walau  mengalami kebosanan akut tapi Ayub juga menyadari akan keberadaan dan kebesaran Allah. Diceritakan dalam Ayub 10:3-7 adalah tentang keberadaan Allah sebagai hakim, Ayub 10:8-12 adalah keberadaan Allah sebagai pencipta. Ayat 20b,  ada permohonan kecil Ayub kepada Tuhan, “Biarkanlah aku supaya aku dapat bergembira sejenak”. Kebosanan Ayub bukanlah karena rutinitas, bukan juga karena pikirannya menginginkan perubahan yang baru, atau alarm untuk “STOP” sesaat.

Seiring berjalannya waktu, apa yang tengah dialami Ayub, tetap ada penghiburan yang Tuhan berikan dalam pengharapan bahwa ia akan muncul seperti emas, Ayub 23:10 “Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas”.

Keyakinan Ayub timbul, dalam pasal 19:25 dikatakan “ Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit diatas debu”. Maka Ayub yang duduk diatas debu harus bangkit untuk mengalami pemulihan dari Allah. Saat Tuhan mengijinkan iblis untuk mencobai Ayub, Tuhan pun mendidik Ayub supaya lebih mengenal pribadi-Nya,

Ayub 42:5 “Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau”.

Tekanan-tekanan hidup akan menciptakan kebosanan, dan kebosanan dapat menjadi berbahaya dan mengganggu kesehatan pada akhirnya. Salomo yang juga mengalami kejenuhan dalam mengejar kenikmatan hidup, memberikan nasihat dalam

Amsal 3:11 “Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan Tuhan, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya”.

Adalah hal yang wajar apabila kita mengalami kebosanan dan kejenuhan tetapi jangan sampai berlarut-larut ya guys… Bisa jadi kebosanan ini adalah salah satu cara dari Tuhan supaya kita keluar dari zona nyaman, dan dapat melakukan sesuatu yang positif bagi diri sendiri dan orang lain.

 Ayub yang selalu mempertanyakan kehidupannya yang buruk kepada Tuhan, merasa lelah dalam menjalani kehidupannya hingga ingin mati saja pada akhirnya mendapatkan jawaban dari Tuhan dan menyadari apa yang dikerjakan Tuhan serta menarik kembali ucapannya yang tidak baik maka Tuhan memulihkan hidup Ayub.

Saatnya mengubah kebosanan dan kejenuhan yang ada menjadi happy ending story seperti cerita Ayub. Tetap percaya dan berharap pada Tuhan. Tetap semangat menjalani hidup ini.

Jangan lupa bahagia yaaa.  Tetap bersyukur dan Tuhan memberkati.

Komitmen hari ini :

Saya mau belajar mengucap syukur dalam segala keadaan, ak mau belajar mengubah kebosanan menjadi semangat untuk berubah dan berkarya dengan baik

YN – AS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … ada EL-Rei yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “SOSMED TOXIC”… wih pasti menarik ya, bagaimana setiap kita melihat sisi positif dari media sosial namun juga waspadai dampak negatif dari Sosial Media

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah sudah bisa digedung gereja jam 06.00 pagi, namun bagi yang mau ibadah dirumah saja tetap ikuti Online besok jam 07.00 dan Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube Elohim ministry.