Minggu, 05 April 2020

Bacaan Alkitab : Matius 11:28-30

Syalom Jemaat GPdI Elohim Batu,

          Selamat hari Minggu bagi semua jemaat yang ada, kami selalu doakan kiranya berkat dan perlindungan Tuhan tetap ada didalam kehidupan kita semuanya. Meskipun kita masih belum bisa berkumpul bersama untuk beribadah di gedung gereja, kiranya dirumah-rumah yang ada tetap dibangun mezbah keluarga dan kami percaya Tuhan hadir ditengah-tengah keluarga kita semua.

Matius 18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

Seluruh Jemaat yang dikasihi Tuhan, semua orang menghadapi masalah dan tekanan dalam hidup mereka, banyak orang mencari jalan keluar dan mencari hiburan untuk mencari ketenangan. Sayangnya itu membuat banyak orang terjerumus dalam dosa dan itu membuat masalah hidup bertambah berat. Terlebih dalam situasi saat ini, dimana bahaya sakit penyakit mengancam dan keadaan perekonomian tidak stabil, belum lagi ditambah dengan permasalahan-permasalahan pribadi yang kita harus hadapi, itu semua dapat membuat kita merasa letih, capek, takut dan berbeban berat. Namun dalam pembacaan kita hari ini, Tuhan Yesus memberikan jalan keluar:

Matius 11:28-30Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”

Dari kebenaran Firman Tuhan diatas kita dapat belajar bersama-sama mengenai ajakan dari Tuhan Yesus

1. Datang pada Tuhan. Ayat  28

Semua kesenangan yang ditawarkan dunia hanya sesaat saja dan tidak ada yang dapat memberi  kelepasan yang kekal selain Yesus. Dia akan memberi Damai saat kita datang pada-Nya. Hadirat-Nya selalu mengubahkan orang yang berjumpa dengan-Nya.

Datanglah kepada Tuhan dalam doa-doa dan kerinduan kita, bawalah segala beban dan keletihan kepada Tuhan Yesus karena Dia berjanji akan memberikan kelegaan. Selalu ada jawaban dalam setiap doa kita, mungkin permasalahan belum selesai tetapi sikap hati kita pasti diubahkan ketika kita mau datang kepada Tuhan. Sikap hati yang mau untuk terus percaya dan bersandar kepada Tuhan.

Seperti apa yang disampaikan oleh Rasul Paulus dalam:

Filipi 4:7  Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

2. Minta kekuatan dari Tuhan. (ayat 29)

Jangan andalkan kekuatan kita sendiri untuk kita berubah, andalkan kekuatan Tuhan. Firman Tuhan menyatakan pikullah kuk yang dari Tuhan, karena Tuhanlah yang akan memberikan kekuatan dan memampukan kita.

Ada Kekuatan Baru akan Tuhan berika jika kita berdoa dan berseru kepada-Nya (Yeremia 33:3a)

Kita bukan manusia super, untuk itu pereratlah hubungan kita dengan Dia. Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. Yesaya 40:29-31

Kebenaran yang perlu untuk kita sadari dan kerjakan adalah

Untuk Tuhan bisa memulihkan hati dan kehidupan kita, mari datang kepada-Nya dan berseru minta kekuatan dari-Nya.

Selamat hari Minggu, nikmatilah ketenangan dan damai sejahtera dari Tuhan Yesus Kristus didalam keluarga kita semua.

Doa Berkat Pdt. F.J Daniel