Renungan Harian Youth, Kamis 04 Februari 2021

Yohanes 11: 1-44

Dalam perjalanan hidup, tidak jarang kita menghadapi persoalan dan pergumulan. Respon kita juga bermacam macam. Yang paling umum, ya kecewa dan putus asa karena pertolongan Tuhan rasanya tidak tepat waktu seperti yang kita harapkan. Perihal waktu inilah yang sering menjadi masalah serius dalam hidup kita.

Mengapa? Karena kita menghendaki pertolongan dan jawaban Tuhan itu cepat, tidak perlu menunggu lama. Padahal alkitab berkata waktu kita bukanlah waktu Tuhan. Adakalanya jawaban Tuhan adalah “tunggu”, namun yang pasti, suatu saat janji nya pasti digenapi, karena janjiNya adalah ya dan amin.

Firman Tuhan berisi ribuan janji, dan tidak ada satupun yang TIDAK ditepatiNya.

Mazmur 12:7 menyatakan Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah. “

Benarkah pertolongan Tuhan terlambat?

Kita menganggap pertolongan Tuhan terlambat dan tidak tepat waktu karena kita mengukurnya menurut agenda rencana dan waktu kita, sedangkan Tuhan bertindak dengan waktuNya. Mungkin kita tidak akan mendapat masalah kalau waktu Tuhan itu sama dengan waktu kita.

Rekan-rekan Inilah yang mungkin juga dirasakan oleh Maria dan Marta. Didalam Yohanes 11 dikisahkan suatu ketika mereka menghadapi masalah yang berat. Dimana Lazarus, saudara mereka sedang sakit keras. Lalu mereka mengirim kabar tentang sakit yang dialami Lazarus kepada Yesus. Tentunya mereka berharap Yesus sesegera mungkin datang ke Bethania dan menyembuhkan Lazarus. Tapi kenyataannya, Yesus masih tinggal 2 hari lagi (Yohanes 11: 6)

Respon dari Tuhan Yesus benar-benar diluar dugaan karena Dia sengaja untuk menundanya. Secara logika manusia, kedatangan Yesus ke Bethania sudah sangat terlambat. Tetapi dibalik itu ternyata ada rencana Tuhan yang luar biasa, yaitu Lazarus dibangkitkan dan Bapa di Sorga dimuliakan.

Tuhan Yesus ternyata memiliki agenda lain, bukan untuk menyembuhkan Lazarus, tapi untuk membangkitkannya dari antara orang mati. Dia ingin menyatakan Kemahakuasaan-Nya di tengah-tengah keluarga Lazarus. Cara Tuhan untuk menolong kita, orang percaya, memang tidak dapat dipahami secara akal dan logika. Kadang perkara yang kita pikir mustahil terjadi, ternyata tidak bagi Tuhan. Kita hanya bisa percaya dan berharap. Bahwa waktu Tuhan tidak terlalu cepat dan juga tidak pernah juga terlambat

Jika saat ini kita sedang menghadapi kondisi seperti itu, jangan tawar hati dan iman kita jangan goyah. Ketahuilah bahwa Dia punya rencana atas hidup kita dan Dia sedang mengajar, membentuk serta mendewasakan kita agar kemuliaan-Nya dapat dinyatakan melalui persoalan kita. Bersabarlah dan tetaplah bertekun dalam doa, karena sebentar lagi kita akan melihat mukjizat pertolongan-Nya. Tuhan tahu apa yang dilakukan-Nya dan Dia tahu kapan waktu yang terbaik untuk menolong kita

Yohanes 11:40, Jawab Yesus: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?”

Yuk rekan-rekan youth … tetaplah percaya bahwa pertolongan Tuhan dan rencana Tuhan selalu tepat waktu, yang dibutuhkan adalah Iman dan Percaya kepada kedaulatan Allah.

Dan dalam menananti-nantikan waktu yang dari Tuhan percayalah Tuhan akan memberikan kekuatan dan anugerah yang akan memampukan kita terus berjalan dengan Iman dan percaya

Yesaya 40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Komitmen ku :

Aku mau belajar untuk percaya bahwa pertolongan Tuhan selalu tepat waktu, selalu ada pertolongan walaupun dalam masa penantian janji Tuhan

NV – SCW