Renungan Harian, Jumat 01 Januari 2021

Selamat Tahun baru 2021, kiranya berkat dan pertolongan Tuhan ada dalam kehidupan kita semuanya, Kiranya segala doa dan kerinduan kita dijawab oleh Tuhan di tahun ini dan tentunya doa kita semuanya kiranya semua keadaan semakin membaik dan dipulihkan dari pandemic yang sedang kita hadapi bersama.

Semua kita tentunya mau menikmati hidup yang diberkati oleh Tuhan, mari kita belajar bersama dari kehidupan Ishak

Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN. Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya. Kejadian 26:12-13

Ishak menabur bukanlah di tanah miliknya sendiri, namun Ishak berhasil melipatgandakan hasil dari tanah yang dikerjakannya. Tingkat pelipatgandaan dari hasil yang diperoleh pada jaman itu juga berfariasi, mulai dari 30, 60, sampai 100 kali lipat. Hasil enam puluh kali lipat adalah hasil yang sangat bagus dan biasa terjadi pada masa itu. Tetapi hasil seratus kali lipat merupakan sesuatu yang jarang terjadi. Hanya beberapa tempat saja yang memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, yang dapat menghasilkan serratus kali lipat. Walaupun di tengah masa kelaparan, Ishak menabur, dan Ishak diberkati oleh Tuhan.

Pagi ini kita mau merenungkan apa saja yang menjadi kunci keberhasilan Ishak ditengah kelaparan yang sedang melanda, namun Ishak tetap diberkati Tuhan:

1. “Jangan pergi ke Mesir”. (Ay.2a)

Walaupun saat itu sedang terjadi kelaparan, Tuhan tetap melarang Ishak pergi ke Mesir. Mesir berbicara mengenai hal-hal duniawi (Gal 5:19-21), artinya: jangan sekali-kali kembali pada kebiasaan lama walau seang berada dalam keadaan yang sulit atau sedang berada di tengah-tengah permasalahan.

Filipi 4:8; Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

2. “Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing”. (Ay.3)

Ishak tidak meninggalkan tanah Gerar sekalipun di tempat itu terjadi kelaparan. Gerar memiliki arti Lingkaran. Jika kita berada dalam suatu lingkaran masalah dimana kita tidak dapat berbuat banyak lagi untuk mengatasinya, jangan tinggalkan Gerar, jangan lari dari masalah, hadapi masalah tersebut.

1 Korintus 10:13, Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

3. “Jadi tinggallah Ishak di Gerar”. (Ay.6)

Sama seperti Abraham yang taat kepada Firman Allah, demikian juga Ishak melakukan hal yang sama. Dan pada akhirnya Ishakpun diberkati oleh Tuhan.

Mazmur 37:5 Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

Tuhan menjanjikan berkat seratus kali lipat, berkat itu adalah: Tetapi seperti ada tertulis: ”Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” 1 Kor 2:9

Di tahun 2021 sekalipun kita masih dalam keadaan yang sulit karena wabah virus corona ini, mari kita tinggalkan kebiasaan-kebiasaan lama kita. Hiduplah di dalam Kristus, jangan lari dari masalah, hadapi masalah yang ada. Taat dan percaya pada Firman-Nya dan pegang janji-janji-Nya.

Selamat memasuki lembaran yang baru di tahun 2021 ini
Immanuel, Tuhan Yesus menyertai dan menjagai kita semuanya

CM