Renungan Harian Anak, Jumat 19 Februari 2021

Syalom selamat pagi adik-adik semuanya … kalian semua anak yang hebat karena kita punya Tuhan yang hebat dan kuat … Amen

Adik-adik hari ini kakak mau menceritakan tentang kehidupan seorang yang hebat dan luar biasa yaitu Raja Salomo. Dia sangat terkenal di seluruh negeri. Kehebatan Salomo juga diketahui oleh kerajaan- kerajaan tetangganya. Ratu Syeba pun mendengar kebesaran dan kehebatan Raja Salomo.

Suatu kali, Ratu Syeba ingin mengenal secara langsung tentang kehebatan Salomo. Dia mengunjungi kerajaannya. Dia pergi bersama para pengawalnya. Sesampainya di kerajaan Salomo, Ratu Syeba mengajukan beberapa teka-teki kepadanya. Dan Salomo dapat menjawab semua teka-teki itu dengan sangat baik. Ratu Syeba sangat kagum dengan kepandaiannya. Raja Salomo bukan hanya pandai berbicara, dia juga pandai mengatur dan memimpin kerajaannya. Ratu Syeba kagum dengan susunan dari kerajaannya. Kerajaan dilengkapi dengan perlengkapan yang bagus dan sangat tertata dengan baik. Para pegawai kerajaan pun sangat sopan dan pandai. Bahkan, pelayan-pelayan kerajaan pun juga melayani dengan sangat baik.

Ratu Syeba benar-benar mengakui kehebatan dan kepandaian Salomo, Dia memuji-muji Salomo. Menurut Ratu Syeba, pastilah para pegawainya sangat beruntung memiliki seorang raja seperti Salomo. Bahkan, Ratu Syeba juga memuji dan memuliakan Allah. Kehebatan dan kepandaian Salomo telah membuat Ratu Syeba mengagumi Tuhannya Salomo. Ratu Syeba memuji dan memuliakan Allah yang telah memberikan kepandaian kepada Salomo yang dapat mengatur dan memimpin kerajaannya dengan sangat baik. Ratu Syeba juga menghadiahkan seratus dua puluh talenta emas, rempah-rempah, dan batu permata kepada Salomo.

Nah, Adik-adik, Ratu Syeba yang tidak mengenal Allah dapat memuji nama Allah karena melihat perbuatan Salomo.

Adik-adik, ternyata perilaku, tutur kata, dan hal yang kita lakukan mencerminkan diri kita dan juga mencerminkan Allah yang kita sembah. Tuhan kita adalah Tuhan yang baik, jadi tunjukkan sikap yang baik, sehingga semua tahu bahwa Tuhan itu baik.

Tuhan Allah telah memakai Raja Salomo sebagai alat kesaksian. Melalui kebaikan Raja Salomo, orang-orang telah mengenal Allah. Kita tentu mengenal beberapa tokoh Kristen yang baik, sebut saja Ibu Theresa, beliau melayani orang-orang miskin di Kalkuta. Melalui kebaikan Ibu Theresa, maka Tuhan Allah pun dikenal oleh masyarakat Kalkuta secara khusus dan masyarakat dunia pada umumnya. Ketika kita melakukan perbuatan baik secara tidak langsung kita telah menceritakan kasih Allah kepada sesamanya, seperti keluarga, teman-teman, tetangga, dan lain-lain.

Ayo kita ingat kembali sikap-sikap baik yang harus kita lakukan agar banyak orang  tahu bahwa Tuhan itu baik. Adik-adik bersikap dan berbuatlah kebaikan kepada orang yang kita jumpai di rumah, dan dimanapun supaya orang lain juga tahu bahwa Tuhan itu baik.

Ayat Hafalan

Matius 5:16, “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga”.

Komitmenku hari ini

Aku mau belajar untuk melakukan perbuatan baik, melalui perbuatan baik yang aku lakukan membuat orang lain dapat melihat kebaikan Tuhan.

SSM_B2 – YC