Renungan Harian Youth, Rabu 20 Mei 2020

Bahan Bacaan : 2 SAMUEL 2 : 1-51

Syaloooommm…

Luar biasa Kasih dan penyertaan Tuhan pada kita karena masih ada sampai saat ini. Sampai detik ini. Apakah teman-teman youth saat ini sedang berbeban berat karena pandemi covid 19? Apakah teman-teman youth sedang mengalami kesesakan dalam hidup?

Banyak juga loh tokoh-tokoh Alkitab yang mengalami kesesakan dan berbeban berat seperti kita saat ini. Ayo coba sebutkan….. Berikut tokoh-tokoh yang dimaksud, ada Abraham, Yakub, Yusuf, Daniel, Daud, Musa, Ruth, Ester, Petrus, Paulus dan masih banyak yang lain. Mereka pun pernah mengalami kesesakan yang sangat hebat dalam hidup mereka. Tapi yang mereka lakukan adalah dengan datang pada Tuhan. Dengan keyakinan yang besar pula mereka mempercayai Tuhan bahwa Tuhan mendengar doa-doa mereka. Dan Tuhan memberikan jalan keluarnya. Salah satu yang mengalaminya dan kita kupas sedikit dalam renungan pagi ini adalah Daud.

Teman-teman youth bisa membaca dalam 2 Samuel 2 : 1-51 dibaca semua yaa sebagai “vitamin” hari ini. Judul yang dituliskan adalah “Nyanyian syukur Daud”. Pasal ini ditulis sebagai ungkapan syukur Daud pada Tuhan karena diluputkan dari semua yang jahat. Dari cengkeraman semua musuh-musuhnya dan juga dari cengkeraman Saul yang mengancam nyawa Daud.

Teman-teman Youth pasti sudah banyak mendengar cerita tentang Daud ya… Setiap persoalan yang datang menghampiri Daud, ini yang dilakukannya :

1.Tidak mengandalkan diri sendiri melainkan pada Tuhan (Yeremia 17:5,7 )

Waktu itu Daud bertanya pada Tuhan sebelum dia pergi berperang melawan bangsa filistin. Dan Tuhan menyuruh Daud supaya pergi . Saat itu ada kemenangan yang terjadi. Daud mengandalkan Tuhan senantiasa.

2. Berseru kepada Tuhan (2 Samuel 22:2,3 )

Bagi Daud, saat ia berseru kepada Tuhan, ia benar-benar mengalami pertolongan yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Daud menyadari bahwa hanya TUHAN-lah yang menjadi penolongnya dalam setiap pergumulan, kesesakan, beban berat dihidupnya.

Demikian pun dengan kita semua… Mari teman-teman Youth, kita mau belajar dari Daud dan mencontoh supaya kita melakukan apa yang sudah Daud lakukan. Benar apa kata Daud dalam

Mazmur 57:3 “Aku berseru kepada Allah, Yang Mahatinggi, kepada Allah yang menyelesaikannya bagiku”.

Mazmur 50:15 “Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau…”

Haleluya!! Puji Tuhan!! Jangan bimbang dan ragu menapaki hari-hari ke depan walau ada pandemi covid 19, kita pasti akan sanggup melewatinya bersama Tuhan…

Jangan lupa untuk terus datang kepada Tuhan, berseru dalam doa-doa kita karena kita sadar bahwa kita perlu pertolongan Tuhan setiap hari, . Amin.

Komitmen hari ini :

Aku mau tetap percaya kepada Tuhan Yesus Kristus karena DIA adalah penolongku yang setia.

DW – KPH