Renungan Harian Anak, Sabtu 26 Desember 2020

Matius 2:1-12

Adik-adik, siapa pernah melihat bintang? Pakai apa melihatnya? Ya, teropong namanya. Pada jaman dulu ada juga orang-orang yang ahli melihat bintang, namanya orang majus. Suatu kali mereka melihat bintang yang sangat terang di Timur, tidak seperti bintang yang lain. Mereka mengikuti bintang yang sangat terang itu, karena bintang itu merupakan tanda bahwa seorang Raja telah lahir. Mereka ingin melihat raja itu, maka mereka segera pergi.

Dalam Firman Tuhan juga disampaikan bahwa Tuhan beberapa kali memberi petunjuk kepada orang yang disertai-Nya. Bentuknya bermacam-macam, ada yang melalui mimpi, melalui firman atau atau yang lainnya. Setelah Tuhan Yesus lahir, ada beberapa orang asing yang datang menghadap raja Herodes setelah mengadakan perjalanan yang cukup jauh.

“Selamat pagi, Raja Herodes, kami adalah para ahli ilmu bintang. Sejak beberapa hari yang lalu kami melihat satu bintang yang sangat terang muncul di sebelah Timur, kami mengikutinya hingga sampai di sini. Berdasarkan pengalaman kami, bintang seperti itu menandakan ada seorang raja dan pemimpin agung yang telah lahir. Apakah Raja Herodes tahu keberadaannya?” Wah, siapa, ya, orang-orang ini?

Ternyata orang-orang asing itu adalah orang-orang Majus yang mencari dan ingin menyembah Yesus. Dengan cara apa mereka mencari Yesus? Dengan mengikuti petunjuk Tuhan melalui sebuah bintang. Lalu apa yang dilakukan raja Herodes? la menyuruh mereka pergi mencari Sang Mesias dan berkata ingin menyembah-Nya juga. Apa benar Raja Herodes mau menyembah Yesus? Ternyata tidak, sebab sesungguhnya Raja Herodes merasa iri karena Yesus disebut sebagai raja orang Yahudi. Herodes merasa takut bahwa Yesus merebut kekuasaannya. Jadi Raja Herodes berniat membunuh Yesus yang masih kanak-kanak itu.

Karena itu setelah bertemu dan menyembah kanak-kanak Yesus di Betlehem, Tuhan memberi petunjuk lagi kepada orang-orang Majus, melalui mimpi agar mereka tidak menemui Herodes lagi. Maka kanak-kanak Yesus dijauhkan dari niat jahat Raja Herodes.

Kita belajar dari orang-orang Majus bahwa ketika kita mau mengikuti petunjuk Tuhan, kita bisa mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup. Karena orang Majus dengan tekun mau mengikuti petunjuk Tuhan, maka mereka berhasil bertemu dan menyembah Tuhan Yesus.

Saat ini apa yang menjadi keinginan Adik-adik? Siapa dan apa yang Tuhan pakai menjadi petunjuk dalam kehidupan kita? Petunjuk apa yang diberikan Tuhan dalam kehidupan kita? Ya, Tuhan dapat memakai apa saja dan siapa saja menjadi petunjuk yang berguna dalam kehidupan kita. Tentunya juga melalui orang tua dan guru.

Namun Adik-adik harus rajin berdoa dan dekat dengan Tuhan, sehingga dapat mengenali tuntunan-Nya dan menemukan kebahagiaan yang Tuhan sediakan.

Ayat Hafalan

Mazmur 119:27, “Buatlah aku mengerti petunjuk titah-titah-Mu, supaya aku merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib.”

Komitmenku Hari ini:

Tuhan Yesus, kami bersyukur, karena saat ini kami diingatkan Kembali untuk tekun selalu mengikuti petunjuk-Mu dalam kehidupan kami. Kami mencapai impian dan cita-cita kami. Kiranya Tuhan mau menuntun agar kami dapat mengerti apa yang terbaik bagi masa depan kami.

SSM – NJ

Pengumuman :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday special Natal besok ya … hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“TUHAN PELINDUNGKU”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan Alat dan Bahan

  1. Kertas HVS Putih
  2. spidol
  3. Alat tulis
  4. Pensil Warna

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.