Renungan Youth, Sabtu 14 November 2020

Daniel 1:1-9

Syalooom… selamat pagi teman- teman remaja pemuda ELOHIM. Apa kabarnya hari ini? Semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Di setiap generasi selalu ditemukan keluhan yang sama soal anak muda. Ada yang mengatakan, anak muda itu gak punya tata karma jika berbicara. Ada lagi yang mengatakan, anak muda itu gak mau dengar nasehat orang tua. Dan masih banyak perkataan negatif lainnya, misalnya orang muda cenderung gemar merokok, kecanduan obat terlarang, bergaul didunia malam, bahkan ada juga perilaku anak muda sekarang yaitu lebih suka bergaul di medsos ketimbang dunia nyata. Sebenarnya, bad lifestyle bukan hanya terjadi sekarang saja, tetapi sudah ada sejak zaman dahulu. Sejak zaman perjanjian lama-pun, orang senang berpesta pora dan melakukan seks bebas.

Nah, teman-teman, sebagai anak muda Kristen. kita perlu bijak menata hidup kita agar tidak terpengaruh dengan hal-hal yang buruk. Salah satu contoh anak muda dalam alkitab yang menyenangkan hati Tuhan adalah Daniel. (Daniel 1:1-9). Daniel adalah seorang muda yang hidupnya tak bercela, selain itu Daniel juga bijaksana dan berpengetahuan luas serta mempunyai kompetensi untuk bekerja di istana raja. Inilah yang membuat Daniel dikasihi Tuhan dan manusia.

Jadi, bagaimana kita menjadi anak muda Kristen yang gaul didalam Tuhan, seperti Daniel?

Pertama, popularitas karena kualitas.

Kebanyakan orang pasti menyukai popularitas. Segala cara dilakukan, mulai dari update status, pakai barang paling keren, bahkan sampai merendahkan orang lain agar diri sendiri kelihatan bagus.

Dalam 1 Timotius 4:12, Firman Tuhan mengajarkan kita untuk menjadi teladan dalam segala hal. Popularitas yang sejati, pasti akan bersinar karena adanya karakter yang baik. Jika ingin punya kualitas hidup yang baik, maka giatlah berbuat baik, bertutur kata yang sopan, siap membantu orang yang membutuhkan dan mengakui kesalahan jika berbuat salah, bukan menang sendiri.

Kedua, konsumsi Firman Tuhan.

Gaya hidup anak muda Kristen seharusnya sepadan dengan firman Tuhan. Kita harusnya senang akan firman Tuhan, karena pengetahuan akan Firman, dapat jadi pedoman dan standar hidup kita. Bergabung dengan komunitas yang cinta akan firman Tuhan dapat membantu kita untuk dekat dengan Tuhan.

Mazmur 119:9,”Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”

Ketiga, katakan tidak pada pergaulan bebas.

Hidup dalam Tuhan akan membuat kita jauh dari keinginan daging, keinginan dan keangkuhan hidup. Dengan menjadikan Tuhan sebagai pusat hidup kita, maka kita dapat menjaga diri dari nafsu dunia. Kita sadar bahwa pergaulan bebas akan merusak diri kita dan masa depan kita. Menjaga kekudusn adalah gaya hidup anak muda Kristen, karena gaul dalam Tuhan berarti hidup dalam kemurnian. (II Timotius 2:22).

Jadilah anak muda yang Gaul dan Berkualitas dihadapan Tuhan serta menjadi Inspirasi bagi orang yang ada disekitarmu

Marilah kita sebagai anak muda, kita punya gaya hidup yang inspiratif bagi orang lain, bukan berarti kita tidak boleh gaul atau berpenampilan sesuai tren, tetapi kita harus memiliki prinsip yang kuat didalam Tuhan. Kita dapat mempertanggung jawabkan bahwa apa yang kita lakukan itu berkenan bagi Allah. Yuk, mari belajar menjadi anak mda yang gaul dimata Tuhan.

Komitmenku hari ini

Aku mau belajar menjadi anak Muda yang berkualitas, hidup benar dihadapan Tuhan sehingga menjadi inspirasi dan teladan bagi orang lain

Tuhan yesus memberkati!

MW – AdS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “MONEY TALK”… wih pasti menarik ya, kita akan membahas bagaimana kita sebagai anak Tuhan dapat mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Dan Juga jangan lupa….
Ibadah sudah bisa digedung gereja jam 06.00 pagi,
namun bagi yang mau ibadah dirumah saja tetap ikuti Ibadah Online besok jam 07.00
dan Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube Elohim ministry.