Renungan Youth, 07 April 2020

Bacaan : I Petrus 1:18-19

Selamat pagi rekan-rekan remaja Elohim… Minggu ini kita memasuki minggu Paskah, mari kita merenungkan Kasih Tuhan bagi kehidupan kita semuanya.

Pasti kalian pernah mendengar slogan yang berbunyi, “setetes darah anda, nyawa bagi sesama”. Pasti tidak asing lagi bukan? Ya.. ini adalah slogan dari Palang Merah Indonesia. Ketika kita mendonorkan darah kita, setetes darah kita sangat berarti bagi sesama kita.

Di dalam Perjanjian Lama, darah merupakan nyawa bagi setiap makhluk. Itu artinya, didalam darah ada kehidupan. Ketika manusia jatuh dalam dosa, harus ada penumpahan darah untuk pengampunan dosa. Dengan kata lain, mereka yang ditutupi dosanya oleh korban darah, dibebaskan dari hukuman dosa. Semua korban darah melalui persembahan yang kita lihat dalam Perjanjian Lama ini merupakan bayangan dari korban yang sempurna dan tak bercacat cela dalam Perjanjian Baru, yang dilakukan sekali saja untuk selamanya.

            Renungan kita pada hari ini adalah mengenai sebuah karya yang sudah Yesus lakukan bagi hidup kita. Firman Tuhan di dalam Perjanjian Baru, yang tertulis dalam

I Petrus 1:18-19 mengatakan, “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Kematian Yesus di kayu salib merupakan korban yang sempurna dan juga bukti kasih Allah bagi kita.

Mengapa darah Yesus begitu berharga?

Darah Yesus merupakan darah yang mahal melebihi emas, perak atau harta apapun didunia ini. Darah Yesus yang tercurah, bukan hanya menebus kita dari dosa, melainkan juga dari cara-cara hidup kita yang sia-sia. Cara hidup yang sia-sia dapat berbicara soal waktu, tenaga, uang dan banyak hal lainnya yang kita habiskan tanpa tepat sasaran, atau tidak sesuai dengan kehendak Allah. Yesus telah menebus kita, artinya Ia telah membayar lunas hidup kita dengan darah-Nya, supaya kita menjadi serupa dengan Dia.

Rekan-rekan remaja yang dikasihi Tuhan, yang harus kita sadari adalah, kita telah ditebus bukan hanya dari dosa-dosa kita, melainkan juga dari cara hidup dan pola hidup kita yang lama.

Dalam I Korintus 6:20 mengatakan, “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar, karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

Rekan-rekan remaja, Tuhan sudah membayar lunas kehidupan kita dengan darah-Nya. Untuk itu, marilah kita hidup dengan cara hidup dan pola hidup yang baru didalam Tuhan, karena kita adalah milik Tuhan Yesus  dan hidup kita sangat berharga dimata-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Komitmenku hari ini

Aku adalah milik Tuhan Yesus sepenuhnya, karena Dia sudah menebus kehidupanku.