Renungan Harian Anak, Jumat 06 November 2020

l Raja-Raja 10:14-29

Hello adik-adik semuanya … selamat pagi, wah puji Tuhan adik-adik masih tetap setia untuk merenungkan Firman Tuhan setiap hari, karena Firman Tuhan adalah berkat Rohani dalam kehidupan kita yang membuat adik-adik terus bertumbuh didalam Tuhan.

Hari ini kita mau Bersama-sama belajar dari Raja Salomo, adik- adik Raja Salomo bukan hanya kaya dengan hikmat, tetapi dia juga kaya dengan harta. Pada masa itu Raja Salomo merupakan orang terkaya di muka bumi. Alkitab mencatat salam 1 tahun ia mendapatkan emas 666 talenta yaitu sama dengan 34kg (34.000 gram). Sedangkan zaman sekarang saja harga 1 gram emas hampir 1 juta. Dan itu adalah penghasilan dalam satu tahun saja. Adik-adik selama bertahun tahun raja salomo pasti kekayaan sangat berlimpah.

Dari emas itu ia membuat 200 perisai besar dan kecil, la juga membuat tahta besar dari gading dajah dan disalutkannya dengan emas tua yang mahal. Perkakas minumnya juga terbuat dari emas murni. Tidak ada yang terbuat dari perak, karena pada zaman salomo perak itu tidak dianggap berharga. Padahal, perak juga mahal lho .. Tapi karena banyaknya perak itu jadi seperti batu di Yerusalem.

Bagaimana cara salomo memperoleh banyaknya kekayaan itu? Setiap 3 tahun kapal-kapal dari tarsis membawa emas, perak, gading, kera dan burung merak. Raja-raja dan bangsawan tinggi dari seluruh dunia yang penasaran dengan hikmat yang dimiliki oleh raja salomo. Datang dengan membawa persembahannta berupa barang-barang dari emas dan perak, pakaian, senjata, dan rempah-rempah, kuda dan bagal. Seperti itulah yang didapatkan raja salomo tahun demi tahun. Raja salomo juga memiliki 1.400 kereta kuda dan 12.000 orang berkuda.

Wah,, kalau kita perhatikan, sungguh luar biasa ya kekayaan yang di miliki raja salomo. Tapi adik-adik jangan hanya terkagum-kagum dulu dengan semua kekayaannya. Karena bagi Tuhan bukan itu yang paling utama. Kalau adik-adik membaca Alkitab, setelah menuliskan harta kekayaan raja salomo, pada pasal berikutnya salomo jatuh dalam dosa yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Adik-adik banyak orang yang terkagum-kagum pada harta kekayaan raja salomo dan sedemikian banyak emasnya. Tapi, tahukah kamu bahwa itu tidak kekal …  Bahkan di sorga emas dijadikan sebagai jalan.

Di sorga bukan harta kekayaan yang paling berharga, tetapi Tuhan Yesus sendirilah yang paling berharga. Di sorga tidak ada yang mementingkan harta duniawi, tetapi berfokus hanya pada Tuhan Yesus saja. Karena Tuhan Yesus lebih Mulia dari segala harta yang ada di bumi dan di sorga.

Tuhan Yesus juga tidak ingin kita memandang orang dari betapa banyak harta yang dimilikinya, karena bukan harta yang paling utama. Yang beruntung itu bukannlah orang yang banyak harta, tetapi orang yang memiliki Tuhan Yesus di dalam hatinya. Yaitu orang-orang yang percaya kepada- Nya.

Mengapa beruntung ya adik-adik? Karena Tuhan Yesus bukan hanya akan mencukupkan segala kebutuhanmu, tetapi juga Dia memberikan sukacita sorga, damai sejahtera ilahi, dan yang jelas Tuhan Yesus memberikan keselamatan yang tidak bisa di beli oleh harta kekayaan. Adik-adik percayalah dan kagumlah akan Tuhan Yesus, bukan pada harta kekayaan dalam dunia ini. Tuhan Yesus adalah Harta yang lebih berharga dari segalanya.

Bagi Tuhan, kamulah harta yang paling berharga, jauh melebihi emas yang ada di bumi dan di sorga. Oleh sebab itu la mau memberikan Nyawa-Nya utk menyelamatkanmu. Tuhan Yesus memberkati.

Pertanyaan: berapa banyak harta kekayaan raja salomo miliki? Mana yang lebih penting memiliki harta kekayaan lebih banyak atau memiliki Tuhan Yesus dalam Hati? Karena memiliki Tuhan Yesus berarti memiliki jaminan kehidupan yang kekal

Ayat Hafalan

Hagai 2:9, Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman TUHAN semesta alam.

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus adalah Harta yang paling berharga dalam hidupku, jauh lebih berharga dari harta apapun dalam dunia ini. Aku mau terus menjaganya supaya Tuhan selalu tinggal dalam hatiku selamanya

TW – YC