Renungan Harian Youth, Jumat 17 April 2020

Ayat bacaan :Yohanes 5:10-17

Syalom, selamat pagi buat rekan-rekan Elohim Youth, kiranya pagi hari ini setiap kita dapat kembali bersyukur atas penyertaan dan kebaikan Tuhan yang berlimpah dalam kehidupan kita.

Alkitab memberikan sebuah peringatan bahwa orang Kristen selalu dianjurkan untuk bekerja. 

Paulus mengatakan, “Jika orang  tidak mau bekerja, janganlah ia makan” (2 Tessalonika 3:10).

Perkataan itu terdengar sangat keras bukan? Memang, Paulus sendiri menunjukkannya melalui teladan hidupnya. Ia tetap bekerja sambil memberitakan Injil ke setiap penjuru. Bahkan Tuhan Yesuspun mengajarkan dalam kehidupan kita untuk “Bekerja”. Tentunya jika kita berbiacara mengenai bekerja buat rekan-rekan yang masih sebagai pelajar dapat diartikan sebagai tanggung jawab rekan-rekan sebagai pelajar atau mahasiswa yaitu belajar.

Dalam kisah Mujizat Tuhan menyembuhkan seseorang yang sudah 38 tahun mengalami sakit, namun apa yang Tuhan Yesus kerjakan ditentang oleh orang-orang farisi karena itu adalah hari sabat, namun Tuhan memberikan jawaban yang keras buat mereka bahwa :

“Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga.” Ayat 17

Bekerja keras adalah karakter dari anak-anak Tuhan, karena itu harus selalu dibangun dalam dikembangkan

Ada beberapa tips yang perlu kita renungkan dan lakukan dalam kehidupan kita dalam bekerja

1. Ketahuilah alasan untuk bekerja

Apa yang menyebabkan kita untuk bekerja atau berusaha? Tentu masing-masing kita punya alasan sendiri. Akan tetapi sebagai orang Kristen, alasan kita untuk bekerja adalah karena mengerjakan apa yang benar dihadapan Tuhan. Kita mengerjakan segala sesuatu dalam kehidupan kita harus dengan sebuah tujuan utama adalah memuliakan Tuhan.
Ini adalah hal yang “Ideal” bagi anak-anak Tuhan, sejak remaja kita harus tanamkan dalam motivasi kita apapun yang kita lakukan tujuan utama adalah untuk memuliakan Tuhan.

2. Temukan ‘goal’ pekerjaan Anda.

Kita tidak mungkin bekerja dengan baik kalau tanpa target dan pencapaian. Namun, ujilah hasil akhir yang mungkin sudah dicapai, apakah sesuai dengan kehendak Allah atau tidak. Jika kita menemukan bahwa tujuan itu sesuai kehendak Allah, jangan ragu untuk mengubahnya. Masih banyak tujuan yang lebih berharga yang bisa Anda capai.

Tetapkan tujuan yang jelas, jika alasan berbicara mengenai motivasi hati, maka “goal” adalah apa yang hendak kita capai kedepan. Sebagai pekerja, sebagai pelajar tetapkan tujuan yang benar dalam semua aktifitasmu

3. Gunakanlah dan kembangkan seluruh Potensi

Seorang puitikus Inggris pernah mengatakan, “Orang yang mencari mutiara haruslah berusaha menyelam sampai ke dasar lautan”.
Percayalah Tuhan sudah menanamkan potensi itu dalam kehidupan kita masing-masing, tugas kita adalah menggali dan mengembangkannya. Jangan pernah jadi anak muda yang tidak tahu potensi apa yang bisa dikembangkan dalam kehidupanmu. Temukan itu dalam dirimu dan kembangkanlah.

4. Bekerjasama itu Penting Sekali

Kerja sama akan menolong kita untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efesien dan efektif. Temukan orang-orang dan komunitas yang tepat untuk dapat membangun kehidupanmu, sehingga akan menolong kamu untuk bekerja.
Tuhan Yesus Ketika bekerja didalam dunia ini tidak sendiri, Dia selalu mencari orang-orang yang mau dan dapat bekerja bersama dengan Dia, untuk mengerjakan kehendak Tuhan.

5. Kesulitan dan Kegagalan bukanlah akhir

Kesulitan mengerjakan pekerjaan/tanggung jawab bukanlah jalan buntu. Kegagalan dalam pekerjaan bukanlah akhir dari segala usaha kita. Itu hanyalah sebagai suatu permulaan untuk menempa diri kita untuk dapat belajar lebih baik. Oleh karena itu selalulah ingat untuk mengevaluasi diri. Gunakanlah setiap kesulitan dan kegagalan sebagai batu loncatan supaya kita bisa menjadi lebih baik lagi.

Memotivasi diri untuk terus bekerja keras tentu tidak mudah tetapi ingatlah bahwa  Tuhan juga turut bekerja dalam setiap usaha kita.

Ayo kita baca ayat Firman Tuhan dalam

Roma 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Komitmenku Hari ini

Aku mau belajar untuk mengembangkan kehidupan yang Bekerja Keras, tidak mudah menyerah dan mengerjakan semuanya untuk memuliakan Tuhan.

RI – MLE