Renungan Harian Anak, Kamis 17 September 2020

Bacaan : Lukas 19:1-10

Halooo adik adik Elohim kids yang luarbiasa. Selamat Pagi…… Bagaimana kabarnya adik adik Elohim?? Semoga tetap baik ya, dan jangan lupa tetap jaga kesehatan ya… Oiaaaa… kakak mau tanya nih… Adik adik pernah rindu gak??  Entah itu rindu sama mama, sama papa, sama kakak, sama adik atau sama teman. Pernah gak?? Tentunya adik adik semua pasti pernah rindu kan sama orang yang disayang??.

Nah.. adik adik… kakak mau cerita nih, ada salah satu Tokoh didalam Alkitab Perjanjian Baru. Dia ini rindu banget untuk bertemu sama Tuhan Yesus, ciri cirinya itu, dia itu punya badan yang pendek, terus pekerjaan adalah kepala pemungut cukai. Adik adik ada yang tahu gak siapa namanya??

Namanya adalah Zakheus. Zakheus ini tinggal di sebuah kota yang bernama kota Yerikho. Dan Zakheus ini ternyata orang kaya loh adik adik, karna pekerjaannya adalah kepala pemungut cukai, itu artinya dia orang yang punya jabatan tinggi adik adik.

Tetapi satu waktu Zakheus itu penasaran seperti apa Tuhan Yesus itu. Karena pada waktu itu Yesus mengadakan Mujizat didekat kota Yerikho yaitu tempat dimana Zakheus tinggal adik adik. (Lukas 18 : 35-43). Pada waktu itu Tuhan Yesus menyembuhkan orang yang sakit buta dan nama orang buta itu adalah Bartimeus. (Markus 10:46)

Karena Mujizat yang Tuhan lakukan itu, akhirnya orang banyak bercerita sana sini, dan akhirnya Zakheus pun mendengarnya adik adik.  Nah pada suatu waktu Tuhan Yesus sedang berada di kota Yerikho, pada saat Zakheus tahu bahwa Yesus ada dikotanya, dengan cepat-cepat Zakheus berusaha untuk bertemu dengan Yesus, karena dia sangat penasaran dan rindu sekali untuk bertemu dengan Tuhan Yesus adik adik.

Tapi ternyata Zakheus kesulitan untuk melihat Tuhan Yesus adik adik, karena Zakheus ini badannya pendek adik adik, tapi dia tidak “MENYERAH” begitu saja adik adik, Zakheus masih berusaha keras untuk melihat dan bertemu dengan Tuhan Yesus, akhirnya dia memanjat pohon ara, agar bisa melihat Tuhan Yesus.

Adik adik semua, ada banyak orang diluar sana yang rindu sekali untul datang menyembah Tuhan, rindu untuk datang beribadah kepada Tuhan, tetapi ada halangan dan rintangan yang mereka harus hadapi, sama seperti Zakheus, dia juga mengalami rintangan dihidup ketika dia ingin bertemu dengan Tuhan Yesus, bahkan ketika Tuhan Yesus mau menginap dirumahnya pun, banyak orang yang tidak suka, tetapi sikap “Pantang Menyerah” yang dimiliki Zakheus ini membuat dia berhasil bertemu dengan Tuhan.

Adik adik semua, mungkin saat ini kita mengalami hal yang sama seperti Zakheus, mengalami rintangan dan halangan untuk bertemu dengan Tuhan. Tapi kita tidak boleh Menyerah ya…. Walaupun kita semua belum bisa berkumpul bersama untuk beribadah kepada Tuhan, kita bisa beribadah dirumah masing masing, karena Tuhan Yesus hadir bukan hanya di Gereja saja adik adik, Tuhan bisa hadir dimana saja, ketika kita datang untuk bersekutu dengan DIA.

Jadi kita sebagai anak anak Tuhan yang luarbiasa, jangan pernah menyerah ya untuk datang mencari Tuhan, apapun halangan rintangannya, tetap semangat selalu. Karena ketika Tuhan Yesus hadir didalam kehidupan kita, maka kehidupan kita menjadi kehidupan yang penuh dengan sukacita. Sama seperti Zakheus, ketika Tuhan Yesus hadir didalam rumahnya, Zakheus menjadi orang yang baik, menjadi orang yang murah hati. Bahkan Zakheus membagi bagikan hartanya kepada orang orang yang tidak mampu.

Ayat Hafalan minggu ini

Mazmur 27:8 Hatiku mengikuti firman-Mu: “Carilah wajah-Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.

Komitmenku:

Tuhan Yesus, aku mau seperti Zakheus, yang selalu semangat dan berusaha keras untuk bertemu dan membangun hubungan yang baik dengan Engkau, karena aku percaya, ketika Tuhan hadir dihidupku, maka hidupku akan penuh dengan keindahan.

YG – RS