Hati_tercermin_ke_Wajah

Renungan Harian Anak, Rabu 18 Agustus 2020

Kejadian 4:3-7

Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan Yesus, bagaimana kabar kalian pastinya masih semangat ya? Pagi hari ini kita akan kembali mendengarkan renungan firman Tuhan  dengan judul “Hatimu tercermin pada Wajahmu”

Sebelumnya kakak punya sebuah cerita, perhatikan dengan sungguh-sungguh ya …

Di sebuah kampung ada seorang ibu, yang bernama ibu Mery, Ibu mery adalah seorang ibu rumah tangga yang sangat gemar sekali menanam bunga, beraneka macam bunga semua ada di halaman rumahnya, tetapi yang paling ibu Mery sukai adalah tanaman bunga anggrek. Wah! banyak sekali bunga anggreknya ibu Mery adik2, dari harga yang paling murah sampai harga yang mahal ada dikebunnya.

Adik-adik tanaman bunga anggrek tergolong tanaman yang paling sulit dalam hal merawatnya, harus di siram secara rutin, diberi pupuk secara teratur dan harus ditempatkan pada tempat yang suhunya cocok untuk tanaman anggrek. Walaupun demikian bu Mery sangat senang melakukannya.Tetapi pada  suatu hari tiba-tiba bu Mery melihat salah satu bunga anggreknya daunnya semakin hari semakin  layu dan semakin kuning tidak hijau lagi seperti bunga anggrek yg lainya sehingga tidak indah lagi apabila dipandang mata. Padahal bu Mery sudah merawatnya dengan baik, bu Mery sudah menyiramnya setiap hari, sudah memberi pupuk secara teratur. Hal ini membuat hati bu mery penasaran apa yg terjadi dengan bunga anggreknya ini. Akhirnya bu Merry mencoba membongkar tanaman anggrek itu…. Apa yg terjadi adik-adik? Ternyata anggrek itu akarnya sudah tidak sehat lagi, sebagian dari akar-akarnya telah membusuk sehingga membuat daun daunnya tidak tampak hijau lagi. Sekarang, bu Mery telah tahu apa yang menyebabkan daun bunga anggreknya itu menjadi kuning, dan tidak hijau lagi, karena akar yang dibawah tanah telah membusuk.

Adik-adik dari cerita ini, kita akan belajar dari kisah Alkitab dalam kejadian 4:3-7, yaitu tentang 2 bersaudara yaitu kain  dan habil. Dalam kisah ini kain dan habil mereka masing-masing memberikan persembahan kepada Tuhan, tetapi persembahan habil yang diterima oleh Allah sedangkan  persembahan kain tidak di indahkan oleh Tuhan, oleh sebab itu hati kain kesal dan jengkel kepada habil, terlihat dari wajahnya yang muram … firman Tuhan kepada kain

Kejadian 4:6-7a Firman TUHAN kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik?

Karena Kain tidak menjaga hatinya, maka dia iri dan marah kepada habil dan Kain melakukan hal yang jahat kepada habel.

Jadi adik-adik jika hati kita memiliki perasaan yang tidak baik di mata Tuhan hal itu akan terlihat dari muka kita yang tidak berseri-seri dan tidak bersuka cita.

Oleh sebab adik-adik kita semua harus menjaga hati kita dengan baik, karena hati yang bersukacita pasti wajahnya akan berseri-seri dan penuh dengan kebahagiaan. Adik-adik suka mana melihat wajah yang muram atau yang tersenyum? Tentunya wajah yang tersenyum bukan …

Ayo kita baca ayat hafalan kita hari

Amsal 4:23, Jagalah hatimu dengan segala  kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Komitmenku hari ini :

Tuhan Yesus ajari aku selalu menjaga hatiku penuh dengan damai dan sukacita. Aku mau memiliki wajah yang penuh dengan sukacita dan menjadi berkat bagi orang lain.

YF – GCT