Belajar_hidup_rukun

Renungan Harian Anak, Senin 03 Agustus 2020

BACAAN ALKITAB : MAZMUR 133 : 1 – 3

Syalom Adik – Adik , bagaimana kabarnya ? Sudah siap mendengarkan firman Tuhan ya. Adik adik ga terasa ya kita sudah memasuki bulan Agustus. Ada yang istimewa loh dibulan Agustus, ayo siapa yang bisa tebak? Ya betul banget adik adik , dibulan Agustus ini kita merayakan hari kemerdekaan Bangsa Indonsia. Ada yang tahu sudah berapa tahun Bangsa Indonesia merdeka ? Ya betul , sudah 75 tahun ya Bangsa Indonesia merdeka. Tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia merdeka dari penjajahan ya Adik Adik.

Adik adik ada yang tahu arti dari kata merdeka ?

Jika berpatokan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merdeka mempunyai tiga arti, yakni sebagai berikut:
1. Bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya), berdiri sendiri;
2. Tidak terkena atau lepas dari tuntutan;
3. Tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu, leluasa.

Tapi bukan berarti kita bebas melakukan apa saja yang kita mau ya.

Adik adik tau tidak bagaimana para pahlawan berjuang agar Indonesia dapat merdeka? Apakah para pahlawan kita pada waktu itu saling membanggakan suku nya masing – masing atau sebaliknya, mereka bersatu satu sama lain? Ya seperti yang terdapat pada buku pelajaran kalian, bagaimana pada waktu itu para pejuang / pahlawan itu bersatu agar Bangsa Indonesia dapat bebas dari yang namanya penjajah. Mereka tidak menganggap bahwa suku mereka jauh lebih baik dari suku yang lain. Tapi mereka bersatu untuk membela tanah air. Meskipun dengan alat sederhana, yaitu bambu runcing. Mereka berjuang agar Bangsa Indonesia dapat merdeka.

Nah Adik-Adik, Kakak  ingin kasih tahu ke Adik Adik salah satu rahasia agar hidup kita diberkati Tuhan. Siapa disini yang mau hidupnya diberkati Tuhan? Semua pasti mau ya hidupnya diberkati Tuhan. Kuncinya adalah terdapat pada MAZMUR 133 :1 – 3.

Ayat 1) Sungguh , alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara – saudara diam bersama dengan rukun! Ayat 2) Seperti minyak yang baik diatas kepala meleleh ke janggut , yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. Ayat 3) Seperti embun gunung Hermon yang turun keatas gunung – gunung Sion. Sebab kesanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.

Wah Adik Adik salah satu kunci hidup diberkati TUHAN adalah hidup rukun ya.

Seperti yang dahulu dilakukan para pahlawan pejuang kemerdekaan ya. Mereka bersatu untuk membela tanah air. Sehingga akhirnya bangsa Indonesia dapat merdeka ya.

Seperti judul perikop ayat bacaan alkitab kita hari ini , yaitu PERSAUDARAAN YANG RUKUN.

TUHAN ingin supaya kita semua hidup rukun satu sama lain, mungkin masih ada diantara Adik adik yang masih sering bertengkar dengan adik atau kakaknya. Mulai hari ini kita mau sama sama belajar ya , kita mau saling mengasihi satu sama lain, saling memaafkan ketika saudara kita berbuat salah, saling memperhatikan satu sama lain.

Mengutamakan kepentingan orang lain daripada diri sendiri. Mau ya sama-sama belajar hidup rukun dan saling mengasihi.

Nah untuk ayat hafalannya terdapat di :

Galatia 5:14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Dan komitmen kita hari ini adalah

Tuhan aku mau belajar hidup rukun , saling mengasihi satu sama lain dengan kasih yang tulus, seperti  kasih-Mu kepadaku. Roh Kudus mampukan aku untuk melakukannya. Amin.

KL – KCP