Menghormati_orang_Tua

Renungan Harian Anak, 22 Juli 2020

Ayat : Matius 15 : 1-9

Hallo adik-adik. Shalom. Selamat Pagi. Semoga semua nya sudah siap dan semangat untuk mendengarkan Renungan Firman Tuhan pagi ini yaa. Adik-adik, kakak punya sebuah cerita. Dengarkan baik-baik ya.

Dino sangat kesal pagi ini, dari mulai bangun pagi mama dan papa tidak henti-hentinya menyuruh ini dan itu. Padahal hari ini Dino sedang libur, Dino ingin bermain ke rumah temannya. “Huh, apakah papa dan mama tuh tidak bisa mengerjakan sendiri sih?” keluh Dino ketika diminta mama mengambilkan sabun untuk mencuci piring. Dino buru-buru pergi ke rumah Tina tanpa berpamitan pada mama dan papa. Di rumah Tina, Dino melihat Tina sedang membantu mamanya mengelap kaca. “Tina kita main yuk!” ajak Dino. “Tunggu, aku selesaikan dulu pekerjaanku ini ya Dino.” Jawab Tina sambil terus mengelap kaca. Sepertinya pekerjaan itu menyenangkan bagi Tina. “Aku jengkel pada mama dan papa. Ini kan hari libur, tapi dari pagi aku disuruh-suruh terus.” Keluh Dino pada Tina. “Lalu apa yang kamu lakukan?” Tanya Tina. “Waktu mama memintaku mengambilkan sabun untuk cuci piring, ku lempar saja.”kata Dino dengan bangga. “Astaga, Dino….orang tua kita sudah memberi segala yang kita perlukan. Seharusnya kita menghormati mereka. Apa yang kamu lakukan itu sangat tidak sopan”, kata Tina.

Bagaimana menurut adik-adik? Apakah sikap Dino baik? Tentu tidak ya. Dia bersungut-sungut saat diminta tolong oleh orang tuanya. Bahkan dia melakukan hal yang tidak sopan. Wah , tidak boleh ditiru ya adik-adik.

Dalam kitab Keluaran 20:12 dikatakan bahwa Hukum Tuhan yang kelima mengatakan,

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.”

Adik-adik, Papa dan Mama adalah orang-orang terpenting dalam hidup kita. Mama melahirkan kita dengan susah payah. Papa bekerja siang dan malam untuk mencukupi kebutuhan hidup kita. Mereka mendidik dan membesarkan kita di dalam Tuhan. Sudah sepatutnya kita hormat kepada mereka. Turutilah nasehat yang bisa kita nyatakan untuk menghormati Papa dan Mama. Menghormati orang tua juga menjadi bentuk kita menghormati Tuhan.

Ayat Hafalan :

Efesus 6 : 2a, Hormatilah ayahmu dan ibumu – ini adalah suatu perintah yang penting.

Komitmenku :

Tuhan Yesus. Aku mau mengasihi dan menghormati orang tua ku sebagaimana yang Engkau perintahkan.

                                                                                                                     GCT – GCT