Renungan Harian Youth, Rabu 17 Februari 2021

Rekan-rekan youth, siapakah manusia di dunia ini yang memiliki followers paling banyak di medsosnya?  Pada tanggal 4 Januari 2021, menurut Bisnis.com, Christiano Ronaldo menjadi orang yang memiliki followers terbanyak di Instagram dengan jumlah 261 juta Followers. Setelah Ronaldo, ada penyanyi Ariana Grande yang menempati peringkat ketiga dengan followers terbanyak, yakni 214 juta. Adapun, Dwayne Johnson alias “The Rock” berada di posisi keempat dengan jumlah pengikut 209 juta.  Diantara kita mungkin ada yang menjadi pengikut mereka di Media Sosial.  Teman-teman pasti punya alasan tertentu dengan menjadi pengikut mereka; entah itu sikap mereka, gaya berpakaian mereka, segala kegiatan mereka yang positif, dan masih banyak lagi.  Masing-masing kita juga bebas menentukan siapa teladan kita yang menginspirasi kita dalam hidup ini, tetapi jangan lupa bahwa mereka belum tentu mengenal kita dan kemungkinan untuk berinteraksi langsung sangat kecil.

Dalam hidup ini, sebenarnya kita juga memiliki teladan yang mengenal kita dengan baik, dan selalu menjadi Pribadi yang selalu ada buat kita.  Dia adalah Tuhan Yesus Kristus yang telah datang ke dunia untuk memenuhi kebutuhan paling utama setiap manusia, yaitu Diselamatkan… Ya, Dia hadir untuk menyelamatkan kita dari segala dosa kita dan juga menjadikan kita sebagai anak-anak yang dikasihi-Nya.  Penulis surat Ibrani mencatat sebuah keunggulan dari Tuhan Yesus di dalam

Ibrani 13:8, Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Agama Kristen berada di posisi pertama dengan 31,1 persen dari total penduduk dunia, dan secara sederhana kita bisa menyimpulkan bahwa seharusnya Yesus Kristus juga mempunyai followers terbanyak di dunia ini.  Apakah segampang dengan klik follow untuk menjadi pengikut Yesus?

Yesus Kristus tentu tidak akan pernah membatasi orang-orang yang mau menjadi followersnya, namun perhatikanlah bahwa:

KITA TIDAK AKAN BISA MENJADI PENGIKUT YESUS KALAU TIDAK PERCAYA KEPADA YESUS

Untuk itu kita perlu memahami Dari manakah kepercayaan kita kepada Yesus bertumbuh?

ROMA 10: 16-17, tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu.  Paulus menyatakan “Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?”  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus.”

Untuk bisa menjadi percaya kepada Yesus Kristus, setiap hari kita harus mendengar/membaca Firman Tuhan yang memberitakan kabar baik kita melalui Injil.  Dan pemberitaan Injil adalah cara Allah untuk menyampaikan penawaran-Nya dalam Kristus kepada Dunia.  Dengan kata lain, iman kita kepada Kristus akan timbul saat hidup dan hati kita terus diisi dengan pemberitaan firman Allah.

Mengapa kita harus percaya kepada Yesus?

Manusia memiliki kebebasan untuk memilih, Allah memberikan penawaranNya kepada kita untuk menjadi pengikut Kristus.  Alkitab juga memberikan perbandingan dan juga penjelasan mengenai asal usul dan bagaimana sifat-sifat dari berhala (atau mungkin kita mengenalnya dengan kata allah lain)

Berhala itu semuanya bodoh dan dungu; petunjuk dewa itu sia-sia, karena ia hanya kayu belaka. Perak kepingan dibawa dari Tarsis, dan Emas dari Ufas; berhala itu buatan tukang dan buatan tangan pandai emas.  Pakaiannya dari kain ungu tua dan ungu muda, semuanya buatan orang-orang ahli.  YEREMIA 10:8-9

BERHALA ADALAH BUATAN TANGAN MANUSIA; DAN MANUSIA DIBENTUK OLEH ALLAH. SEHARUSNYA ALLAHLAH YANG HARUS DISEMBAH, BUKAN BERHALA.

Tetapi TUHAN adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup dan Raja yang kekal.  Bumi goncang karena murka-Nya, dan bangsa-bangsa tidak akan tahan akan geram-Nya. YEREMIA 10:10

Dari pernyataan Firman Allah, kita menemukan suatu kepastian bahwa Tuhan yang kita sembah tidak akan dapat dibandingi dengan apapun.  Dan kita seharusnya bangga menjadi pengikut Yesus Kristus dan yang masuk dalam rancangan kemuliaan-Nya yang besar di dalam dunia ini.

Selanjutnya, mari kita Mengenal Yesus dari Nama-Nya:

Yesaya 9:5: PENASEHAT AJAIB, ALLAH YANG PERKASA, BAPA YANG KEKAL, RAJA DAMAI – suatu nubuatan bagi bangsa Israel yang menantikan Sang Mesias dan kemudia digenapi perwujudannya di dalam Yesus Kristus.

Matius 1:21;Lukas 1:31 –YESUS adalah nama yang ditetapkan Allah kepada Maria yang mengandung dari Roh Kudus. Bahasa Ibrani memakai kataYehosua — sedangkan bahasa aramic menggunakan kata Yesua  yang berarti YHWH menyelamatkan.  Yesus  yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.

YESUS pernah berkata AKULAH JALAN, DAN KEBENARAN, DAN HIDUP! Artinya Dia sendiri menjadi PENGANTARA antara Allah dengan manusia, sehingga manusia bisa menikmati keselamatan dan terbebas dari hukuman kekal

DARI MENGENAL NAMA-NYA SAJA KITA DIJAMIN  BAHWA DI DALAM NAMA-NYA ITU ADA KUASA YANG BESAR DAN SANGGUP MENYELAMATKAN KEHIDUPAN KITA.

Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. IBRANI 10:35

Komitmen kita HARI INI:

AKU MAU MENJADI PENGIKUT YESUS KRISTUS YANG LOYAL, YANG TERUS PERCAYA BAHWA YESUS BERKUASA UNTUK MELAKUKAN APAPUN DAN TIDAK DAPAT DIBANDINGKAN DENGAN BERHALA MANAPUN DI DUNIA INI.

RM – YDK