Minggu, 01 November 2020

“Menilik Rasa Cemas & Takut

Pdt. Posuka Loke

Akibat masa pandemic kini banyak kecemasan dan kepanikan yang melanda dunia. Rasa Takut menjadi hal yang normal karena banyak orang mengalaminya. Apa yang Alkitab nyatakan mengenai ketakutan dan kecemasan.

Mazmur 56:4, “Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu”

Ayat diatas mungkin sudah banyak kita dengar, namun pada faktanya rasa takut dan cemas ini masih menghampiri dan mengusai kita. Ketakutan ini bersangkut pautan secara menyeluruh, baik secara fisik, social dan spiritual saling ada kaitannya. Ketika ketakutan menguasai hati kita akan sangat berpengaruh dengan relasi kita dengan Tuhan sesama. Ketakutan itu bersumber dari: Insting (alamiah), pola asuh (kultural), pengalaman individu (trauma). Dengan skala yang masing-masing berbeda, bahkan imajinasi diri kita sendiri bisa jadi stimulus dalam diri kita. Rasa takut bisa mendikte tindakan kita untuk melawan (Fight) atau malah lari (Fright). Rasa Cemas adalah Rasa takut pada level rendah akan nampak dalam bentuk kecemasan (anxiety), atau perasaan risau yang konstan.

Penawar Rasa Cemas & Takut

Mazmur 131:2, Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku. 

Jadikanlah Tuhan sebagai Sumber Ketenangan dalam kehidupan kita, disanalah hati kita akan memiliki ketenangan ditengah rasa takut dan cemas

Hanya dekat Allah saja hati kita merasa tenang … Tuhan Yesus Memberkati

Link Youtube

Ibadah Online Sekolah Minggu

SUNDAY FUNDAY

Minggu, 02 November 2020

“BERSALAH dan DIAMPUNI

Yohanes 8:1-11

Adik-adik boleh ga sih kita main hakim sendiri? Kita menghukum orang semaunya kita sendiri? Contohny ada orang yang dipukuli karena ketahuan mencuri. Wah ngeri ya padahal kita kan ga boleh main hakim sendiri.

Nah adik-adik Dalam kehidupan sehari-hari pun, mungkin kita sering juga lho main hakim sendiri. Misal waktu adek kita ngerusakin mainan, kita langsung marah atau teriak-teriak kepada adik kita, padahal mungkin adik kita tidak bermaksud untuk merusakkan mainan kita.

Dan di Alkitab juga ada lho satu kisah tentang seseorang yang sudah sangat berdosa namun mendapat pengampunan. Ketika semua orang hendak menghukumnya tetapi Tuhan Yesus memberikan pengampunan kepada wanita ini.

Karena itulah, ayo kita belajar memaafkan mereka semua, seperti Tuhan Yesus yang juga mau mengampuni kesalahan dan dosa-dosa kita . Berdoalah kepada Tuhan, supaya adik-adik dimampukan untuk memaafkan orang lain yang berbuat salah kepada kalian.

Ayo kita belajar bersama Jika ada orang yang melakukan kesalahan terhadap kita, ingatlah bahwa kita juga pernah melakukan kesalahan. Ampuni orang lain seperti Tuhan Yesus yang juga mengampuni kesalahan kita

Matius 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

Sunday Funday – Every day Sing and Shout for Jesus

Link Youtube :