Renungan Harian Youth, Rabu 01 Juli 2020

Hai semua rekan-rekan Elohim youth. Apa kabar kalian? Puji Tuhan hari ini adalah hari pertama di bulan juli atau kita sudah memasuki setengah dari tahun 2020 …  dengan semua situasi yang sudah kita lalui bersama, kita harus bersyukur atas setiap pernyertaan dan kebaikan Tuhan.

Ada seorang pelayan Tuhan, dia rajin banget ibadah, nggak pernah absen buat datang ke gereja, selalu bantuin temennya, baik ke semua orang, mau berkorban buat orang-orang di sekelilingnya, rajin juga baca Alkitab, tapi ternyata nggak semua keinginannya bisa dia dapatkan. Bahkan, sering kali apa yang dia inginkan malah dapetin hal yang sebaliknya. Nah, apa ada yang salah dengan cerita ini ya bro and sis? Hmmmm…… Mungkin beberapa dari kita juga pernah atau bahkan sering ngalami kayak gitu.

Pernah nggak sih kita berpikir kalau rencana kita pasti bakalan tercapai semua. Ada yang pingin dapet nilai yang super bagus, ada yang pingin punya banyak temen, ada yang pingin punya banyak uang, atau keinginan yang lain, lalu kita berdoa dan berpikir bahwa seolah-olah semuanya akan kita dapatkan. Kebanyakan dari kita pasti berpikir kalau kita ikut Tuhan bakalan dapet apapun yang kita mau. Well, stop it guys! Ternyata ada fakta yang lain, tidak semua berjalan dengan keinginan kita.

Ayo kita akan belajar bersama-sama mengenai kebenaran Firman Tuhan …

Amsal 16:3  Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.

Di Amsal 16:3 ini memang berbicara bahwa kita harus menyerahkan segala perbuatan kita kepada Tuhan. Artinya apa?

Tuhanlah yang punya rencana atas kita, dia sudah punya blue print kehidupan kita bahkan sebelum kita datang ke dunia ini, nah tugas kita adalah ikut dalam rencanaNya.  Saat itulah rencana kita masuk kepada jalur keberhasilan didalam Tuhan.

Jadi dalam PERENCANAAN KEHIDUPAN KITA seharusnya bukan Tuhan yang ikuti kemauan kita, tapi kita yang ikut maunya Tuhan.

Kalau apa yang kita mau kadang nggak sesuai maunya Tuhan, sampai kapan pun juga nggak akan tercapai. Alhasil yang ada seringkali kita bakalan kecewa atau merasa bahwa Tuhan nggak sayang sama kita. Nah, jangan sampai kita punya pikiran kayak gitu ya rekan-rekan.

Karena itu … ada hal yang harus kita renungkan dan laksanakan sebagai generasi muda adalah

Jika kita ingin berhasil, carilah kehendak Allah. Gimana sih caranya biar apa mau kita itu sama dengan maunya dan kehendak Tuhan? jawabannya cuma “bergaul karib dengan DIA”. Artinya apa? Secara sederhana adalah berkomunikasilah dengan Tuhan, nyatakan semuanya dalam Doa, Renungkan Firman Tuhan karena disanalah ada tuntunan kebenaran, pikirkanlah strategi yang tepat dan dengan cara yang benar… semakin kita mengalami pertumbuhan kerohanian, Tuhan akan semakin menyatakan kehendaknya dalam kehidupan kita.

Semakin kita bertumbuh dalam kebenaran, maka pastinya kamu akan semakin memahami kehendak Tuhan dalam hidupmu. Walaupun kadang yang terjadi tidak sesuai dengan keinginanmu, kamu akan tetap bisa percaya bahwa dalam rancangan Tuhan “segala sesuatu mendatangkan kebaikan” yang akan menuntun kita dalam kehendak-Nya. Bahkan melalui kegagalan pun, disana Tuhan tetap bisa berkarya dan bekerja untuk menyatakan kehendak-Nya.

Jadi rekan-rekan Youth, ayo buka hatimu, pikiranmu kepada kehendak Tuhan, carilah kerajaan Allah dan kebenaran-Nya … percayalah selalu ada tuntunan Tuhan bagi hidupmu … So, andalkanlah Tuhan dalam merencanakan sesuatu. Dia tahu yang terbaik sejak semula dan hikmat-Nya untuk itu tidak perlu diragukan lagi, terus jadikan TUHAN SEBAGAI ANDALANMU

Komitmenku hari ini:

Aku mau melibatkan Tuhan dalam setiap keputusanku dan siap menerima apa pun keputusanNya sehingga aku tetap ada dalam rencanaNya.

GE – YDK