Renungan Harian Anak, Senin 21 Desember 2020

Yesaya 7:10-16

Adik-adik, siapa yang pernah merasa kuatir atau takut akan yang terjadi di masa depan ? Kalau merasa takut, apa yang Adik-adik akan lakukan? Ya, betul… berdoalah kepada Tuhan, agar la memberi rasa damai di hati. Adik-adik, dalam keadaan susah atau ada masalah, biasanya yang kita harapkan pada saat itu adalah datangnya seseorang yang bisa menolong kita keluar dari masalah yang sedang kita hadapi. Kedatangan penolong itu sangat kita harapkan dan nantikan, karena penolong akan membuat masalah kita dapat diatasi.

Nah, Adik-adik, kerinduan akan hadirnya seorang penolong atau penyelamat sudah sejak dahulu kala. Bayangkan nabi Yesaya menjadi hamba Tuhan sekitar tahun 700 SM, Wah lama sekali ya  Saat itu kerinduan akan datangnya Sang Mesias sangat dinantikan karena Mesias yang akan membawa keselamatan.

Dalam nubuatan itu nabi Yesaya menyampaikan bahwa seorang perempuan muda akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang akan dinamai Imanuel. Pemberitaan/nubuatan ini merupakan rencana besar Tuhan untuk menolong bangsa Israel yang berada dalam kesusahan.

Adik-adik, nubuatan datangnya sang Imanuel bukan sekadar pembebasan dari musuh bangsa Yehuda tetapi RENCANA ALLAH YANG JAUH LEBIH BESAR ADALAH BAHWA MESIAS AKAN MEMBEBASKAN MANUSIA DARI DOSA.

Imanuel akan membawa keselamatan bagi orang berdosa. Tanpa adanya sang Imanuel, maka mustahil orang yang berdosa mendapatkan pengampunan atau pembebasan dari Tuhan, karena Tuhan pasti menghukum orang yang bersalah kepada-Nya. Nah Adik-adik, karena Tuhan sangat sayang dan mengasihi kita, la mer-encanakan karya yang sangat besar sejak dulu untuk menyelamatkan manusia.

Adik-adik apa yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya digenapi kemudia, seperti yang tercatat dalam

Matius 1:21-23 Ia (Maria) akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita.

Adik-adik, Tuhan selalu punya rencana yang sangat indah. Tuhan tidak pernah merencanakan yang buruk bagi orang-orang yang setia kepada-Nya. Rancangan Tuhan buat anak-anakNya yang percaya kepada adalah Rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11)

Hanya bagaimana agar rencana Tuhan bisa nyata dalam kehidupan kita? Caranya adalah dengan menyerahkan seluruh kehidupan kita ke dalam tangan Tuhan dan percaya penuh tanpa ragu bahwa Tuhan adalah sang Imanuel yang beserta dengan kita senantiasa.

Di dalam Alkitab ada banyak janji-janji Tuhan bagi orang yang mengasihi-Nya dengan sepenuh hati. Adik-adik, marilah kita percaya kepada Tuhan dengan menyambut kelahiran-Nya di tengah dunia ini untuk menyelamatkan kita semua. Sang Imanuel telah datang!! Siapkan hati untuk menyambut sang Imanuel.

Ayat Hafalan

Matius 1:23 Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita.

Komitmenku hari ini

Ingatlah bahwa Tuhan Yesus selalu ada untuk menolong kita, karena Dia adalah Sang Imanuel yang adalah rencana Allah untuk menyelamatkan manusia yang berdosa.

SF201220 – SP