Generasi_kualitas_bintang

Renungan Harian Youth, Senin 17 Agustus 2020

HARI INI kita meraya­kan ke-75 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai warga bangsa, kita sangat mencintai tanah air, bangsa, dan negara. Tema dan logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia 2020 adalah Indonesia Maju yang disempurnakan dengan penambahan logo Bangga Buatan Indonesia.

Tema Besar Indonesia Maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut Kementerian Sekretariat Negara, tema ini merupakan simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan. Makna Kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

Setiap kita memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membangun bangsa kita semakin maju. bagaimana kita menjadi orang yang memberkati bangsa ini. Jadilah anak MUDA yang BERKUALITA

Rekan-rekan Youth Dunia ini mencari bintang-bintang yang berkualitas, ada banyak acara dan events yang berusaha mencari orang-orang yang yang memiliki kualitas dan bakat yang unik. Dunia ini mencari bintang dengan standar masing-masing.

Namun Firman Tuhan menyatakan … sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia” (Flp. 2:15) … “karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu” (ay. 13)

Kebenaran ini mengingatkan bahwa Kita tidak mungkin menjadi bintang-bintang tanpa Allah, sadarilah bahwa tanpa Allah kita tidak akan pernah menjadi bintang yang berkenan. Pekerjaan diluar Tuhan hanya akan berusaha untuk memulihkan hubungan dengan manusia dan untuk kepentingan didunia ini…  Namun pekerjaan didalam Tuhan selalu membawa pemulihan didalam diri kita, dengan Tuhan dan juga dengan sesama …

Dari ayat yang sudah kita belajar 2 hal

Bagian dari ALLAH: “work in” (mengerjakan di dalam diri kita)
Bagian dari KITA: “work out” (menyatakan keluar apa yg sd dikerjakan di dalam)

Rekan-rekan Kekristenan seharusnya memiliki dampak, karena Allah sudah bekerja didalam diri kita dan apa yang sudah Tuhan nyatakan didalam kita, bagian kita adalah menyatakan kepada dunia apa yang sudah dikerjakan oleh Allah … Seperti Emas yang sudah ada didalam perut bumi ini, tugas penambang adalah mencari dan menemukannya, begitu juga dengan kehidupan kita Tuhan sudah memberikan keselamatan dan kita harus menyatakan karya Allah bagi dunia ini.

Bagaimana kita bisa menjadi bintang-bintang Allah yang memberikan sinar bagi dunia ini (Ayat 15) ~ nilai kehidupan yang harus kita usahakan :

1. “Tiada beraib”: tidak ada tuduhan yg bisa menjatuhkan kita …

Tidak Beraib adalah tidak ada seorangpun yang dapat menyalahkan saudara. Kunci kehidupan yang tidak beraib adalah bukan keadaan kehidupan yang tanpa salah, tetapi kehidupan yang mampu utk membereskan kesalahan & membereskan hal-hal yang tidak sesuai dengan sesamanya ~ berani “meminta maaf”. Kehidupan yang tidak dibereskan dengan sesama akan menimbulkan aib

2. “Tiada bernoda”: murni ; kualitas terbaik ; “apa dilihat adalah apa yg sebenarnya”

Makna dari tidak bernoda adalah tulus dan murni. Kata ini digunakan untuk logam mulia dan anggur yang murni yang tidak bercampur dengan zat-zat kotorang yang lain. Orang percaya harus memiliki kehidupan yang murni … kehidupan yang penuh dengan integritas, kehidupan apa adanya.

3. “Tiada bercela”: Tanpa cacat sebagai korban yg dipersembahkan kpd Allah

Menjadi korban yang dipersembahkan kepada Allah, demikian pula dengan kehidupan kita menjadi pribadi yang berkenan kepada Allah. Kehidupan yang tidak bercela ~ menampilkan sifat yang sama dari pribadi Allah.

Kuncinya adalah : Allah yang sudah bekerja didalam kita, maka kita akan dimampukan untuk menyatakan kepada dunia ini apa yang sudah Tuhan kerjakan.

“HIDUP BERBEDA AGAR DAPAT MEMBUAT PERBEDAAN”

~ kekristenan yang berdampak adalah kehidupan yang berbeda … Mengapa Penting? karena Angkatan ini à “bengkok hatinya” dan “Sesat”

Jadilah pemuda remaja yang berkualitas bintang, dan bangunlah bangsa ini sehingga Tema Indonesia Maju juga dapat kila kerjakan dalam hidup kita. Tuhan mau memakai setiap orang percaya.

Komitmen:

Tuhan saya mau menjadi generasi muda yang berkualitas untuk  membangun dan memberkati bangsa Indonesia.

YNP – KPH